Langkah-langkah Stock Opname, Wajib untuk Bisnis Apotek!

Langkah-langkah Stock Opname, Wajib untuk Bisnis Apotek!

Langkah-langkah Stock Opname, Wajib untuk Bisnis Apotek!

  • Feb 22, 2024

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kegiatan stock opname sangat penting dalam keberlanjutan bisnis, khususnya bisnis apotek. Sayangnya, bagi Anda yang masih baru di dunia bisnis melakukan kegiatan stock opname mungkin masih sulit dilakukan karena belum terbiasa. Jika demikian, pahami langkah-langkah stock opname yang penting dalam bisnis apotek.

Stock opname adalah sebuah aktivitas menghitung stok barang yang tersedia, yang berperan penting dalam menarik perhatian konsumen. Tujuannya adalah agar Anda tidak mengalami kelebihan stok atau kekurangan stok yang dapat merugikan bisnis. Apalagi jika berbicara tentang stok obat yang rentan rusak atau kadaluarsa jika tidak dikelola dengan baik.

Langkah-langkah Stock Opname

Kegiatan stock opname sendiri harus dilakukan secara teliti dan akurat agar kecil kesalahannya. Kalau Anda masih baru dalam dunia bisnis dan kebingungan dalam melakukan stock opname, jangan khawatir karena Anda bisa mempelajarinya sedikit demi sedikit.

Berikut beberapa langkah melakukan stock opname yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda:

Atur Jadwal Stock Opname

Mengatur jadwal untuk melakukan stock opname agaknya sangat penting agar tidak menumpuk dan sulit dalam melakukan pendataan. Melakukan stock opname ini bisa dilakukan kapan saja, tapi Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti:

  • Jenis usaha.

  • Laporan penjualan.

  • Lakukan di luar penghitungan laporan keuangan.

  • Lakukan Pemetaan Produk

Langkah-langkah stock opname yang selanjutnya adalah dengan pemetaan produk. Anda bisa memberikan tag atau stiker pada setiap produk. Hal ini dilakukan untuk mempermudah Anda dalam menemukan barang yang akan dihitung dan dirapikan.

Buat Denah Gudang Penyimpanan

Apabila gudang berukuran lumayan besar dan produk yang cukup banyak, Anda bisa membuat genah gudang penyimpanan, lho. Buat ilustrasi tiap rak penyimpanan sesuai dengan jenis stok yang disimpan. Dengan adanya denah, Anda atau karyawan akan lebih mudah dalam menemukan barang yang dicari.

Tandai Tiap Rak atau Kardus

Apabila pemetaan dan denah gudang sudah terbuat, langkah-langkah stock opname yang selanjutnya adalah dengan menandai setiap kardus atau barang. Penandaan ini berguna agar tidak ada barang yang nyasar dari tempat yang seharusnya. Apabila ada yang terpisah, Anda tetap bisa menemukannya dengan mudah sehingga setiap transaksi bisa berjalan lancar.

Pisahkan Stok Baru dan Stok Lama

Mencampur antara produk lama dengan produk baru agaknya kurang tepat, apalagi jika ini berbicara tentang produk kesehatan seperti obat. Dengan memisahkan stok lama dan baru ini akan mempermudah dalam perhitungan dan mengambil barang. Alhasil, barang yang disimpan tidak akan terjual terlebih dahulu sebelum kadaluarsa. Sistem ini biasanya disebut dengan FIFO.

Lakukan Cycle Counting

Langkah-langkah stock opname yang selanjutnya tentu saja dengan melakukan cycle counting atau penghitungan yang dikerjakan terus-menerus. Kegiatan ini juga bisa disebut dengan mencicil penghitungan.

Cycle counting ini dianggap lebih efektif daripada melakukan penghitungan dengan cara menyelesaikan seluruhnya dalam satu waktu. Sebab, bisa mengurangi kebingungan dan mendeteksi kekeliruan stok lebih cepat. Setelahnya Anda perlu melakukan double check agar tidak ada yang terlewat.

Anda perlu tahu kalau dalam melakukan stock opname ini Anda membutuhkan karyawan yang kompeten. Meskipun tidak mudah, stock opname dalam sebuah bisnis apotek wajib dilakukan. Apabila Anda masih bingung dan ragu-ragu dalam melakukan langkah-langkah stock opname secara mandiri, maka langsung gunakan franchise Apotek K-24.

Sebab, melalui franchise Apotek K-24, Anda akan mendapatkan dukungan penuh termasuk dalam hal operasional apotek. Jadi, dalam menjalankan bisnis Anda tidak akan merasa sendiri dan tidak perlu takut dalam mengambil keputusan.

 Jika tertarik, langsung hubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 karena pada tanggal 23-26 Februari 2024 besok sedang ada promo menarik diskon 50% untuk royalty fee 6 bulan pertama. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat