3 Cara Mengatur Waktu agar Produktif dan Bisnis Berjalan Lancar

3 Cara Mengatur Waktu agar Produktif dan Bisnis Berjalan Lancar

3 Cara Mengatur Waktu agar Produktif dan Bisnis Berjalan Lancar

  • Nov 07, 2023

Manajemen waktu memang menjadi suatu hal yang penting dilakukan jika Anda memiliki banyak tanggung jawab. Dewasa ini, banyak orang yang bekerja tapi juga tetap memiliki sebuah bisnis. Hal ini tentu terkadang membuat fokus terpecah antara pekerjaan atau bisnis yang dikelola. Lalu bagaimana ya cara mengatur waktu agar produktif dalam mengelola bisnis meski ada tanggung jawab lainnya?

Mengatur waktu sebenarnya sangat dibutuhkan untuk semua orang, baik pelajar, mahasiswa, pekerja, hingga pebisnis sekalipun. Dengan pembagian waktu yang baik, Anda akan menjadi lebih produktif sehingga bisa menguntungkan bagi kehidupan sehari-hari Anda. Namun, tidak banyak orang Indonesia yang sudah dapat mengatur waktu 24 jam dalam sehari.

Cara Mengatur Waktu agar Produktif dalam Berbisnis

Melakukan manajemen waktu memang tidak bisa dilakukan begitu saja. Sebab, Anda perlu melakukannya terus-menerus hingga nantinya menjadi sebuah kebiasaan. Selain membiasakan membagi waktu, manajemen waktu ini akan terus berkembang dan Anda perlu improvisasi seiring berjalannya waktu.

Oleh karena itu, manajemen waktu ini butuh proses dan konsistensi yang lumayan panjang hingga dapat menjadi sebuah kebiasaan. Namun, sekalinya Anda mendapatkan manajemen waktu yang baik, pekerjaan akan terselesaikan dengan maksimal dan sesuai pada target yang telah ditetapkan.

Ada beberapa keuntungan melakukan manajemen waktu, seperti produktivitas meningkat, mengurangi stres tubuh, dan meningkatkan kualitas hidup sehari-hari. Oleh karena itu, jangan sepelekan pembagian waktu ini, ya, apalagi jika Anda seorang pebisnis.

Berikut beberapa cara mengatur waktu agar produktif yang bisa Anda lakukan sebagai pebisnis:

Buat Daftar Pekerjaan (To Do List)

Manajemen waktu bisa Anda mulai melalui perencanaan tugas apa saja yang akan dilakukan dalam aktivitas sehari-hari. Perencanaan ini bisa menjadi pedoman dalam melakukan pekerjaan sehingga Anda tidak bingung dengan apa yang akan dilakukan setelah satu aktivitas selesai.

Oleh karena itu, dalam satu hari seharusnya Anda sudah tahu apa saja yang akan dikerjakan dan perlu diselesaikan. Melalui to do list ini juga Anda bisa mengecek progress dari suatu pekerjaan yang Anda lakukan dengan jelas.

Berikan Target Waktu untuk Menyelesaikan Pekerjaan

Apabila perencanaan pekerjaan sudah tersusun dengan rapi, maka cara mengatur waktu agar produktif yang selanjutnya adalah dengan menargetkan berapa lama pekerjaan tersebut harus selesai. Ketika memiliki batasan waktu, secara psikologis tubuh dan pikiran Anda pasti berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya.

Setiap pekerjaan memiliki batasan waktu yang berbeda-beda, ya. Jadi, untuk mengondisikan waktu pekerjaan ini Anda perlu melihat beban pekerjaan yang akan Anda lakukan.

Urutkan Pekerjaan Berdasarkan Prioritas

Manajemen waktu juga berkaitan erat dengan skala prioritas pekerjaan atau aktivitas yang akan dilakukan. Menyusun skala prioritas ini sangat penting karena Anda harus menentukan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan mana yang bisa ditunggu.

Contohnya saja dalam menyusun prioritas ini Anda bisa berdasarkan deadline pekerjaan yang dimiliki. Selain deadline, penyusunan prioritas juga dapat ditentukan melalui bagaimana pentingnya pekerjaan atau aktivitas tersebut dengan dampak yang dihasilkan.

Nah, itu dia cara mengatur waktu agar produktif yang jelas, singkat, dan padat. Sebagai pebisnis pemula, mungkin 3 poin di atas sudah cukup untuk membangun kebiasaan dalam manajemen waktu. Jika Anda berbisnis menggunakan franchise Apotek K-24, maka melakukan manajemen waktu ini akan terbilang lebih mudah.

Mengapa demikian?

Sebab, franchise Apotek K-24 nantinya akan memberikan salah satu dukungan berupa aplikasi bernama FSOFT. Melalui aplikasi tersebut, Anda sebagai franchisee bisa mengelola bisnis apotek dari jauh karena bisa melihat cek omzet, cek laporan keuangan, cek persediaan, melihat perbaikan gerai, memantau royalti, dan update informasi dari pusat Apotek K-24.

Jadi, mengatur bisnis dari jarak jauh pun bisa dilakukan kapanpun Anda memiliki waktu luang. Tertarik dengan bisnis ini, hubungi saja hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Demikian ulasan tentang cara mengatur waktu agar produktif, semoga bermanfaat! 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat