4 Penyebab Apotek Sepi yang Harus Dihindari

4 Penyebab Apotek Sepi yang Harus Dihindari

4 Penyebab Apotek Sepi yang Harus Dihindari

  • Oct 04, 2023

Dewasa ini, persaingan bisnis di bidang apotek semakin ketat karena perkembangan apotek di Indonesia ini sangatlah pesat. Jadi tidak heran ketika banyak apotek yang malah gulung tikar juga karena nilai penjualannya yang kurang dan sepi pelanggan. Jika demikian, apa saja penyebab apotek sepi yang harus Anda waspadai sebagai pemilik bisnis apotek.

Menjalankan bisnis apotek memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebab, ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika membangun dan mengelola bisnis apotek. Salah langkah sedikit saja, apotek yang sudah Anda rencanakan bisa berakhir bangkrut. Oleh karena itu, dalam merencanakan apotek ini Anda harus benar-benar siap dan dipikirkan secara matang.

4 Penyebab Apotek Sepi

Apotek yang sepi dan jumlah penjualannya kurang dari yang ditargetkan bisa disebabkan karena beberapa hal, baik karena kesalahan saat merencanakan ataupun ketika bisnis sudah berjalan. Namun, bisnis yang bangkrutpun sebenarnya menjadi hal yang biasa terjadi.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diwaspadai dan bisa menyebabkan apotek sepi:

Harga Produk di Apotek Terlalu Mahal

Harga obat atau alat kesehatan yang Anda tawarkan penting untuk dipertimbangkan ketika Anda ingin membuka bisnis apotek. Sebab, obat dengan harga yang tinggi dan berbeda dari apotek lain bisa membuat pelanggan malas atau enggan untuk datang lagi.

Bahkan, pelanggan akan berpaling pada apotek lain yang menjual obat dengan harga yang lebih murah. Akibatnya, Anda akan kehilangan banyak pelanggan.

Salah Lokasi

Penyebab apotek sepi yang selanjutnya adalah kesalahan saat memilih lokasi untuk membuka gerai apotek. Lokasi yang strategis adalah kunci penting dari keberhasilan bisnis apotek. Oleh karena itu, ketika Anda salah memperhitungkan lokasi, hal ini bisa berpengaruh pada pelanggan yang akan datang ke apotek Anda. Jadi, memilih lokasi ini perlu pertimbangan yang cukup berat dan matang.

Kurang Terkontrolnya Pengadaan Barang

Perencanaan dan pengadaan barang adalah hal yang sangat penting agar persediaan obat sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jika kebutuhan masyarakat akan obat tidak sesuai dengan persediaan obat di apotek, maka pelanggan tentu akan kecewa.

Sebab, apotek tidak bisa memenuhi kebutuhan obat yang sedang dicari-cari. Oleh karena itu, perencanaan dan pengadaan produk ini juga perlu dipikirkan dengan matang.

Pelayanan yang Kurang Ramah

Salah satu penyebab apotek sepi yang lainnya adalah pelayanan apoteker yang kurang ramah. Lewat pelayanan inilah pelanggan akan memiliki pengalaman terhadap bisnis Anda. Saat pelayanan yang Anda berikan ini kurang memuaskan , bahkan tidak sesuai dengan ekspektasi pelanggan, maka mereka bisa saja malas untuk datang lagi.

Bahkan, lebih buruknya lagi, pelanggan bisa menuliskan review buruk terhadap apotek Anda di berbagai media online yang ada. Review yang buruk bisa menurunkan citra apotek Anda, lho. Jadi, hati-hati dan selalu berikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, ya.

Nah, itu dia beberapa penyebab apotek sepi yang mungkin bisa dihindari jika Anda menggunakan franchise Apotek K-24. Sebab, bersama franchise Apotek K-24, Anda akan mendapatkan dukungan penuh untuk membangun dan mengelola bisnis apotek.

Mulai dari pemilihan lokasi, rekrutmen pegawai, kebutuhan teknologi, strategi pemasaran, dan lain sebagainya akan didapatkan dengan mudah dengan franchise Apotek K-24 ini. Dukungan-dukungan ini untuk memastikan bahwa apotek tidak akan sepi sehingga penjualan tetap ada.

Jadi, tunggu apa lagi, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang sudah dipercaya banyak orang. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat