Bisnis Apotek Online: Potensi dan Cara Mendirikannya!

Bisnis Apotek Online: Potensi dan Cara Mendirikannya!

Bisnis Apotek Online: Potensi dan Cara Mendirikannya!

  • Nov 23, 2023

Selesainya pandemi COVID-19 membuat masyarakat Indonesia lebih beradaptasi dalam menjaga kesehatan dan mendapatkan obat. Perilaku masyarakat pun juga ikut berubah di mana kini banyak aktivitas yang dilakukan secara hybrid (offline dan online). Oleh karena itu, kini bisnis apotek online memiliki peluang yang sangat besar dan sayang jika dilewatkan begitu saja.

Layanan yang dilakukan secara online kini terbilang lebih cepat dan efektif dalam memenuhi kebutuhan. Sebab, sebagai konsumen masyarakat tidak perlu repot-repot datang langsung ke tempat tujuan dan tinggal menunggu pesanan sampai di rumah saja. Hal inilah yang membuat para pebisnis sekarang ini banyak yang mengembangkan inovasi bisnis berbasis teknologi digital.

Potensi Bisnis Apotek Online

Pada dasarnya, apotek online adalah bentuk digital dari apotek yang biasanya Anda temui di pinggir-pinggir jalan atau pusat perbelanjaan. Melalui apotek online ini masyarakat dapat melihat dan membeli berbagai produk kesehatan, seperti obat, vitamin, suplemen, masker, alat kesehatan, dan produk lainnya.

Selain itu, apotek online dapat Anda akses di mana dan kapan saja, tergantung apakah Anda sedang memegang gadget atau tidak. Bahkan, apotek online ini tidak akan mengenal kata tutup karena bisa diakses melalui website atau aplikasi.

Untuk mendirikan apotek online sendiri, Anda perlu mendapatkan izin dari Kementerian Kesehatan RI dan BPOM. Karena legalitasnya yang sudah jelas, ada berbagai potensi dari bisnis apotek online yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  • Jaringan untuk penjualan menjadi lebih besar dan luas.

  • Akses bisa dilakukan selama 24/7 dan di mana saja.

  • Pelayanan kefarmasian dan pembelian obat bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efektif.

  • Memiliki permintaan yang tergolong stabil.

Cara Mendirikan Bisnis Apotek Online

Meskipun mempunyai potensi yang cukup besar, dalam mendirikan apotek online ini Anda perlu merencanakannya dengan matang. Sebab, layanan apotek online harus masih sama dengan pelayanan apotek yang dilakukan secara offline.

Jadi, Anda tidak bisa tiba-tiba membuat website dan aplikasi begitu saja. Berikut adalah beberapa langkah-langkah untuk mendirikan bisnis apotek online:

  • Mengajukan surat izin apotek, yang dapat dilakukan melalui website atau aplikasi OSS RBA. Walaupun dalam bentuk digital tapi tanggung jawab apotek online sama seperti apotek offline jadi membutuhkan izin.

  • Mencari seorang apoteker untuk menghindari maladministrasi pada konsumen. Sebaiknya cari apoteker yang memahami obat dan sistem administrasi apotek.

  • Kembangkan website dan aplikasi agar mudah diakses oleh konsumen. Ada layanan yang penting untuk dimiliki bisnis apotek online, seperti layanan penebusan resep, konsultasi dengan apoteker, pesan antar obat, pesan ambil obat, dan edukasi kesehatan.

  • Buat sistem administrasi stok dan penjualan produk.

  • Lakukan kerja sama dengan jasa pengiriman jika Anda tidak mau mengirimkan obat atau produk lainnya secara mandiri.

Artinya, dalam menyiapkan pendirian apotek online, Anda tidak boleh gegabah karena banyak yang perlu dipersiapkan. Salah satu cara termudahnya adalah menggunakan franchise Apotek K-24. Selain mendapatkan apotek secara offline nantinya Anda juga akan terhubung langsung dengan apotek online-nya, yaitu K24Klik.

Jadi, tidak perlu dua kali kerja, Anda bisa memiliki gerai apotek secara offline juga terhubung dengan layanan apotek online. Jika Anda tertarik dengan hal ini, langsung hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang antiribet. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat