Apa itu Waralaba dan Contohnya? Jika Penasaran Simak Penjelasannya

Apa itu Waralaba dan Contohnya? Jika Penasaran Simak Penjelasannya

  • Feb 24, 2023

Usaha waralaba memang sudah populer di kalangan pengusaha dan banyak digunakan di Indonesia. Kendati demikian, mungkin masih ada orang awam yang belum menyadari dengan pasti apa itu waralaba dan contohnya. Sebab, jika dilihat secara sekilas usaha waralaba ini tidak terlalu jelas.

Artinya, banyak orang yang belum bisa memastikan dalam sekali lihat bahwa “Oh toko ini itu waralaba” atau “Merk ini sebenarnya waralaba” dan lain sebagainya. Oleh karena itu, agar lebih jelas mengenai waralaba dan bagaimana contohnya, mari lihat penjelasan di bawah ini.

Apa itu Waralaba dan Contohnya

Memulai sebuah usaha atau bisnis dapat Anda lakukan dengan berbagai skema. Saat ini, skema bisnis yang sedang naik daun adalah waralaba atau sering disebut juga dengan franchise. Banyak pihak yang mengatakan skema ini bisa populer karena usaha ini lebih menguntungkan dan mudah dijalankan.

a. Pengertian Waralaba

Berdasarkan Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), waralaba merupakan sebuah sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan dengan franchisor (pewaralaba) yang memberikan hak pada individu atau perusahaan lain.

Hak-hak yang diberikan ini berisikan lisensi untuk melaksanakan bisnis dengan merek, sistem, nama (brand), prosedur, dan tata cara pemasaran yang sudah ditetapkan dalam jangka waktu tertentu. Lebih singkatnya, usaha waralaba adalah skema bisnis di mana franchisee (pembeli waralaba) menggunakan ide, sistem, dan konsep yang telah dibuat oleh franchisor (pemberi waralaba).

Inilah yang membuat waralaba populer karena pengguna lisensi tidak perlu repot untuk memikirkan brand, produk, tempat usaha, dan berbagai keperluan bisnis lainnya. Artinya, orang yang masih pemula di dunia bisnis pun dapat ikut mengelola usaha waralaba asalkan mau disertai dengan ketekunan dalam belajar.

Apa itu waralaba dan contohnya ini banyak sekali. Sebab, contoh waralaba bisa berdasarkan jenis-jenis dari franchise itu sendiri. Berikut beberapa jenis waralaba yang mungkin banyak ditemukan di sekitar Anda:

Waralaba kuliner, jenis waralaba yang sangat populer karena menyediakan kebutuhan primer. Salah satu contoh kuliner dalam bentuk waralaba adalah makanan cepat saji (fast food).

Waralaba laundry, sebuah usaha jasa yang memiliki potensi tinggi di daerah perkotaan.

Layanan Paket dan ekspedisi, sebuah usaha waralaba yang dari hari ke hari selalu tumbuh karena semakin banyaknya toko online.

b. Contoh Waralaba, Apotek K-24

Sebenarnya masih ada jenis-jenis waralaba lainnya yang mungkin sering Anda temui di pinggir jalan. Misalnya saja SPBU atau pom bensin dan Apotek K-24, salah satu waralaba dalam bidang kesehatan. Apotek K-24 sendiri sebenarnya sudah sejak tahun 2005 diwaralabakan dan menjadi apoteknya Indonesia.

Usaha waralaba dalam bidang kesehatan dirasa dapat bertahan lama dan berkembang dengan baik. Mengapa demikian? Sebab, kebutuhan untuk sehat dengan obat dan alat-alat kesehatan sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat Indonesia.

Apotek K-24 sendiri juga mempunyai nama brand yang kuat dan kepercayaan dari masyarakat. Hal ini karena sifat dari Apotek K-24 itu sendiri yang Komplit obatnya dan buka 24 jam non stop. Yuk, hubungi Hotline waralaba: 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 jika ingin bergabung dengan Apotek K-24. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat