Apa itu Cash Flow? Kenali Lebih Dalam agar Bisnis Lancar

Apa itu Cash Flow? Kenali Lebih Dalam agar Bisnis Lancar

Apa itu Cash Flow? Kenali Lebih Dalam agar Bisnis Lancar

  • Agust 10, 2023

Salah satu laporan keuangan yang penting untuk bisnis apotek adalah laporan arus kas atau sering disebut dengan cash flow. Kendati demikian, laporan arus kas ini sebenarnya penting untuk dipahami semua orang karena bisa dipakai di mana saja, seperti pribadi atau organisasi. Artinya, tanpa masuk dunia bisnis pun, cash flow penting untuk kehidupan sehari-hari. Lalu sebenarnya apa itu cash flow?

Menurut data dari Fortunly, setidaknya ada 30% usaha mengalami gulung tikar karena tidak ada laporan keuangan yang membuat pengaturan uang terbengkalai. Akibatnya, banyak pengusaha justru  kehabisan uang. Oleh karena itu, peran dari laporan arus kas atau cash flow ini sangat fundamental bagi bisnis yang sedang dikelola atau keuangan pribadi.

Apa itu Cash Flow?

Arus kas atau cash flow adalah sebuah catatan yang mengukur pemasukan dan pengeluaran uang tunai dari bisnis Anda dalam periode waktu tertentu. Hal tersebut bisa menunjukkan kenaikan atau penurunan jumlah uang yang sedang dimiliki, baik oleh individu, institusi, atau perusahaan.

Terdapat dua keadaan yang menandakan kondisi cash flow, yaitu positif dan negatif. Saat cash flow Anda bersifat positif, tandanya jumlah uang yang masuk ke bisnis lebih banyak daripada pengeluaran. Begitu pula sebaliknya, cash flow negatif menunjukkan bahwa pengeluaran lebih banyak dari pemasukan.

Tujuan pencatatan ini adalah untuk melacak status keuangan dan juga menyimpan akun saldo kas penutupan. Hal ini bisa membantu dalam melihat apakah dana Anda cukup untuk memenuhi kebutuhan operasional bisnis.

Indikator pada Laporan Arus Kas

Jika membicarakan apa itu cash flow, maka terdapat beberapa indikator yang mempengaruhi atau harus tertulis pada laporan arus kas. 2 indikator yang dimaksud ini adalah pemasukan dan pengeluaran.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat penjelasan berikut ini:

  • Pemasukan adalah uang masuk ke dalam perusahaan dari usaha yang dilakukan. Pemasukan ini terbagi menjadi 3, yaitu penghasilan aktif, penghasilan dari investasi, dan juga penghasilan pasif.

  • Pengeluaran, sebuah beban yang harus ditanggung oleh perusahaan untuk operasi bisnis. Ada 4 jenis pengeluaran yang ada, yaitu: pengeluaran tetap yang wajib dibayarkan, pengeluaran yang tidak terhindarkan, pengeluaran tambahan, dan tabungan atau investasi.

Nah, itu dia penjelasan singkat dari apa itu cash flow dan indikator yang mempengaruhinya. Jika Anda kebingungan dalam membuat laporan keuangan, maka bisa mulai berbisnis dengan franchise Apotek K-24 saja.

Melalui franchise Apotek K-24, Anda memiliki kemudahan dalam membuat laporan keuangan tapi tetap akurat. Sebab, Apotek K-24 menggunakan software yang sudah terintegrasi untuk memudahkan. Jadi, tunggu apa lagi, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Selain itu, franchise Apotek K-24 juga akan hadir di IFRA Business Expo 2023 pada tanggal 25-27 Agustus besok ini. Selama berlangsungnya Expo, Apotek K-24 akan menawarkan dua promo menarik, nih.

Pertama, diskon 50% royalty fee pada 6 bulan pertama operasional untuk deal MoU di kota/kabupaten yang sudah ada Apotek K-24. Kedua, cashback sebesar 20 juta franchise fee untuk deal MoU di kota/kabupaten yang belum ada Apotek K-24. Jadi, datangi stan Apotek K-24 di ICE BSD City, ya, kalau ingin mendapatkan promo tersebut.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat