Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa, Apa Saja?

Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa, Apa Saja?

Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa, Apa Saja?

  • March 07, 2024

Aplikasi WhatsApp Business atau WA Bisnis merupakan perkembangan dari aplikasi WA biasa yang sebelumnya sudah digunakan banyak orang. Sama seperti namanya, WA Bisnis dirancang secara khusus untuk para pebisnis atau perusahaan agar bisa berkomunikasi dengan konsumen. Namun, sebenarnya apa saja sih perbedaan WA Bisnis dan WA biasa yang digunakan sehari-hari?

Menurut data dari eMarketer yang dikelola Business Apps, Indonesia ternyata masuk ke posisi ketiga dalam jumlah pemakai terbanyak dengan jumlah 112 juta pengguna. Jadi, pengguna aplikasi messenger ini banyak sekali, ya. Oleh karenanya, tidak heran jika para pebisnis memanfaatkan WA dan WA Bisnis untuk melakukan pemasaran melalui aplikasi ini.

Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa

Pada dasarnya, WhatsApp (WA) adalah aplikasi yang dapat mempermudah penggunanya untuk mengirim pesan, baik dalam bentuk pesan suara, gambar, video, atau dokumen dengan praktis. Banyak orang memilih aplikasi ini karena fiturnya mudah digunakan.

Nah, pada tahun 2028, tim WhatsApp merilis aplikasi baru yang bernama WhatsApp Business (WA Bisnis) yang menambah fungsi dan layanannya. Kehadiran WA Bisnis ini sebenarnya bertujuan untuk memfasilitasi perusahaan atau para pebisnis yang ingin mempromosikan produk mereka.

Maka dari itu, platform WA di era digital ini banyak digunakan sebagai sarana marketing digital yang tidak boleh ditinggalkan. Namun, apa sih perbedaan WA Bisnis dan WA biasa? Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Perbedaan Logo

Perbedaan mendasar antara WA biasa dengan WA Bisnis terletak pada logo aplikasi. Pada WA biasa hanya tergambar logo telepon berwarna hijau. Sementara WhatsApp Business memiliki logo kotak percakapan dan huruf B dengan latar warna hijau.

Profil

Beda WA biasa dengan WA Bisnis yang selanjutnya ada pada kontak profilnya. Profil pada WA biasa hanya berisi nama dan nomor telepon saja. Sementara profil pada akun WhatsApp Business menampilkan banyak informasi, mulai dari nama, katalog, logo, kategori bisnis, url web, deskripsi perusahaan, lokasi, dan jam kerja.

Hal ini tentu mempermudah pelanggan dalam mendapatkan informasi mengenai bisnis yang Anda tawarkan. Jadi, Anda sebagai pebisnis disarankan untuk membuat profil yang selengkap mungkin agar informasi yang didapatkan pelanggan juga jelas.

Label pada Kontak

Perbedaan WA Bisnis dan WA biasa selanjutnya adalah  fitur label kontak. WhatsApp biasa tidak ada fitur pendukung yang bernamakan label, sedangkan WhatsApp Bisnis memilikinya. Fitur ini berguna untuk menandai kontak atau chat tertentu.

Dengan menggunakan fitur label ini, nantinya akan mempermudah Anda dalam mengenali dan berkomunikasi dengan konsumen.

Fitur Pesan Otomatis

Jenis pesan yang ada di aplikasi WA biasa dengan WA Bisnis juga berbeda. Hal ini tentu menjadi perbedaan WA Bisnis dan WA biasa yang selanjutnya. Dengan WhatsApp Business, Anda bisa mengirim pesan secara otomatis (balas pesan otomatis) dan broadcast message (blas chat ke banyak pengguna sekaligus).

Selain itu, melalui WhatsApp Bisnis memungkinkan Anda membuat template berbalas yang bisa merespon chat konsumen secara otomatis. Jadi, saat sedang di luar jam kerja, pesan konsumen bisa terbalas secara otomatis.

Fitur pesan otomatis ini hanya terdapat pada WhatsApp Business saja, ya, jadi Anda tidak akan bisa menemukannya pada WA biasa. Melihat penjelasan perbedaan WA Bisnis dan WA biasa di atas, WhatsApp Business memang dimaksudkan untuk perusahaan atau pebisnis karena keunggulan fitur-fiturnya.

Jadi, apabila Anda sedang berbisnis, langsung buat WhatsApp Business agar bisnis bisa berkembang secara online dan mudah dalam melayani pelanggan. Contohnya saja Apotek K-24 sudah menggunakan WhatsApp Business sebagai pelayanan kefarmasian.

Nah, kalau Anda ingin memiliki bisnis yang sudah menggunakan WA Bisnis, langsung hubunga hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat