Jenis-jenis Tabungan Hari Tua, Jadi Pilihan untuk Investasi

Jenis-jenis Tabungan Hari Tua, Jadi Pilihan untuk Investasi

Jenis-jenis Tabungan Hari Tua, Jadi Pilihan untuk Investasi

  • March 15, 2024

Hari tua atau masa pensiun merupakan fase kehidupan yang cukup dinanti-nantikan oleh banyak orang. Selain beristirahat dari rutinitas pekerjaan yang menyita banyak waktu, hari tua biasanya digunakan untuk melakukan liburan, mengejar hobi, dan lain-lain. Namun, hal ini bisa dilakukan kalau Anda memiliki salah satu dari jenis-jenis tabungan hari tua.

Realitanya, untuk mendapatkan kenyamanan dan ketenangan saat hari tua ini Anda memerlukan perencanaan finansial yang baik. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan tabungan yang bisa memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari. Sebab, jika hanya mengandalkan uang pensiun saja, hal ini tidak akan cukup karena uang pensiun tidak seberapa.

Jenis-jenis Tabungan Hari Tua

Tabungan hari tua merupakan akumulasi dana yang dikumpulkan oleh seseorang selama masa mudanya dari hasil pekerjaannya. Hal ini bertujuan untuk menyediakan dana finansial yang cukup ketika Anda memasuki masa tua atau pensiun.

Dana hari tua sangatlah penting karena tidak selamanya tubuh akan dalam kondisi prima dan bisa bekerja setiap hari. Nah, kondisi di mana tidak mampu untuk bekerja ini nantinya akan mempengaruhi kondisi keuangan secara umum. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan tabungan yang bisa digunakan kapan saja.

Berikut adalah beberapa instrumen tabungan yang bisa Anda gunakan:

Properti

Jenis-jenis tabungan hari tua yang pertama bisa dalam bentuk properti, seperti bangunan, rumah, atau apartemen. Investasi properti biasanya dilakukan dengan cara membeli suatu properti yang tujuannya untuk disewakan kepada pihak lain.

Kelebihannya adalah properti memiliki nilai jangka panjang dan setiap tahun nilainya akan meningkat terus. Sayangnya, bisnis properti ini ternyata memerlukan modal awal, biaya perawatan, dan risiko yang cukup besar.

Emas

Logam mulia seperti emas juga bisa menjadi tabungan di hari tua karena dianggap sebagai pelindung nilai uang terhadap inflasi. Emas sendiri bisa dibeli dalam bentuk perhiasan, batangan, hingga koin. Kelebihan dari emas adalah nilainya cenderung meningkat selama inflasi dan mudah untuk dicairkan. Namun, emas tidak bisa dijadikan sebagai pendapatan pasif karena nilainya bervariasi.

Reksa Dana dan Saham

Instrumen investasi seperti reksa dana dan saham juga termasuk dalam jenis-jenis tabungan hari tua. Saham dan reksa dana merupakan jenis investasi yang kini banyak digunakan anak muda. Selain mudah, jenis investasi ini juga memberikan keuntungan yang cukup tinggi. Namun, Anda perlu berhati-hati karena kini banyak orang tidak bertanggung jawab yang melakukan penipuan atas nama investasi.

Deposito

Jenis tabungan yang bisa digunakan untuk masa pensiun selanjutnya adalah deposito. Deposito sendiri merupakan simpanan yang pencairannya hanya bisa dilakukan pada jangka waktu tertentu. Tata caranya sendiri Anda perlu menyetor dana untuk deposito, selanjutnya dalam jangka waktu tertentu Anda akan menerima bunga di akhir periode.

Meskipun hasil akhir dari deposito ini terbilang lebih rendah daripada jenis investasi lainnya tapi deposito memiliki risiko yang sangat rendah.

Bisnis Franchise

Jika ingin menabung dengan cara berbisnis, maka Anda bisa menggunakan jenis-jenis tabungan hari tua lainnya seperti bisnis franchise. Selain mendapatkan keuntungan, Anda juga bisa mengisi waktu luang di hari tua dengan mengelola bisnis.

Tidak perlu khawatir, mengelola bisnis dengan franchise ini tidak akan susah karena Anda akan memperoleh dukungan penuh. Dukungan ini bisa berupa perizinan, pencarian lokasi, pembangunan gerai, nama brand, IT, rekrutmen pegawai, strategi marketing, dan lain sebagainya. Ini jika Anda menggunakan franchise Apotek K-24 yang bisa dihubungi melalui hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Jadi, ketika menggunakan franchise Anda tidak akan kesulitan dalam mengurus bisni walau di hari tua sekalipun. Demikian ulasan tentang jenis-jenis tabungan hari tua yang bisa Anda gunakan dari masa muda, semoga bermanfaat.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat