Apa itu Krisis Ekonomi? Lebih Berbahaya dari Resesi Ekonomi?

Apa itu Krisis Ekonomi? Lebih Berbahaya dari Resesi Ekonomi?

Apa itu Krisis Ekonomi? Lebih Berbahaya dari Resesi Ekonomi?

  • Jan 18, 2024

Krisis ekonomi merupakan sebuah kondisi yang dapat merugikan suatu negara. Kendati demikian, setiap negara dapat mengalami krisis ekonomi karena hal ini didorong oleh banyak keadaan. Artinya, tidak hanya satu kondisi saja yang menyebabkan krisis ekonomi karena keadaan ini terbilang sangat kompleks. Lantas, sebenarnya apa itu krisis ekonomi dan bagaimana dampaknya bagi bisnis?

Banyak pakar ekonomi mengatakan bahwa krisis ekonomi dapat mengancam negara dan perlu ditangani dengan tepat. Sebab, krisis ekonomi yang terjadi pada suatu negara ternyata dapat memberikan dampak pada masyarakat, jalannya bisnis, dan kehidupan sehari-hari. Hal ini tentu akan menjadi perhatikan banyak orang dan Anda sebagai pelaku bisnis.

Apa itu Krisis Ekonomi?

Menurut Laman Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU, krisis ekonomi adalah keadaan di mana perekonomian suatu negara mengalami penurunan yang sangat drastis. Negara yang mengalami krisis ekonomi biasanya akan mengalami penurunan PDB dan naiknya harga-harga kebutuhan masyarakat.

Selain itu, krisis ekonomi juga akan ditandai dengan belanja negara yang ditekan dan tingginya jumlah pengangguran. Berdasarkan sebuah laman ekonomi, Indonesia pernah mengalami krisis ekonomi beberapa kali, yaitu pada tahun 1997-1998, 2008, dan 2013.

Bahkan, pada tahun 1998 sendiri angka kemiskinan di Indonesia ini mencapai 50% dari jumlah penduduk seluruhnya. Oh iya, Anda perlu tahu bahwa krisis ekonomi ternyata lebih berbahaya daripada resesi, lho.

Penyebab Krisis Ekonomi

Selain mengetahui apa itu krisis ekonomi, Anda sebagai pebisnis juga perlu tahu apa saja yang menjadi penyebabnya. Sebab, krisis ekonomi adalah masalah yang begitu kompleks sehingga banyak faktor yang saling berhubungan, di antaranya:

  • Kelebihan utang dan krisis keuangan, baik di tingkat pemerintah, perusahaan (bisnis), atau individu.

  • Ekonomi tidak seimbang karena terjadi defisit perdagangan, ketimpangan pendapatan, dan ketimpangan neraca pembayaran.

  • Kegagalan sistem perbankan.

  • Harga aset yang melebihi nilai sebenarnya membuat terjadinya gejolak di pasar keuangan.

  • Guncangan ekonomi dari negara lain.

  • Kegagalan pada kebijakan ekonomi, baik kebijakan moneter, fiskal, atau struktural.

Anda bisa melihat bahwa penyebab dari krisis ekonomi sangatlah luas, bahkan bisa berasal dari negara lain. Hal inilah yang membuat masalah ini sangat kompleks karena bisa menyasar pada semua sendi-sendi kehidupan.

Dampak Krisis Ekonomi

Selain penyebabnya yang kompleks, apa itu krisis ekonomi dianggap berbahaya karena dampaknya yang juga luas. Terdapat beberapa dampak dari krisis ekonomi yang perlu Anda waspadai, baik sebagai pebisnis atau individu, contohnya:

  • Keberlangsungan bisnis bisa terganggu karena proses produksi.

  • Melonjaknya jumlah pengangguran di suatu negara.

  • Meningkatnya krisis sosial yang membuat keamanan masyarakat terancam.

  • Menurunnya pendapatan dan daya beli masyarakat.

  • Rencana belanja negara menjadi tidak terpenuhi.

Melihat penjelasan di atas, Anda bisa melihat bahwa krisis ekonomi bisa memberikan ancaman bagi Anda. Nah, salah satu cara untuk menghadapinya adalah dengan memiliki pendapatan tambahan, entah dari kerja freelance atau memiliki bisnis sendiri.

Anda bisa memiliki pendapatan tambahan jika bergabung dengan franchise Apotek K-24, lho. Apotek K-24 sendiri merupakan salah satu bisnis di bidang kesehatan yang tahan akan krisis ekonomi karena berdasar pada kebutuhan pokok masyarakat.

Apabila Anda tertarik dengan franchise Apotek K-24, sebuah bisnis yang tahan dari apa itu krisis ekonomi, maka segera hubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat