5 Manfaat Laporan Keuangan bagi Investor yang Ingin Berbisnis

5 Manfaat Laporan Keuangan bagi Investor yang Ingin Berbisnis

5 Manfaat Laporan Keuangan bagi Investor yang Ingin Berbisnis

  • March 20, 2024

Laporan keuangan merupakan hal yang wajib dimiliki bagi bisnis, baik bisnis yang bersifat kecil atau besar. Sebab, melalui laporan keuangan ini, Anda bisa melihat keadaan perusahaan Anda yang rugi atau untung. Selain untuk diri sendiri dan internal perusahaan, ternyata ada manfaat laporan keuangan bagi investor, lho. Kira-kira apa saja ya?

Laporan keuangan sebuah perusahaan bisa merepresentasikan keadaan bisnis yang sebenarnya, lho. Sebab, biasanya laporan keuangan akan berisi transaksi, aset, liabilitas, dan ekuitas. Selain itu, dalam laporan keuangan juga mencakup pergerakan aset perusahaan, baik yang digunakan untuk kebutuhan operasional, hasil penjualan, dan lain sebagainya.

Manfaat Laporan Keuangan bagi Investor

Nah, isi-isi dari laporan keuangan ini nantinya bisa membantu perusahaan dalam menentukan masa depan bisnis. Selain berguna untuk pihak internal, laporan keuangan sebuah bisnis juga bisa digunakan dalam menarik pihak luar, atau dalam hal ini adalah investor.

Seperti yang Anda tahu, calon investor adalah individu atau entitas yang akan mengalokasikan modal dengan tujuan ingin memperoleh keuntungan finansial. Istilah ini juga bisa digunakan bagi orang-orang yang akan berbisnis dengan bisnis franchise.

Namun, pihak ini juga bisa disebut dengan franchisee (pengguna franchise). Oh iya, sebagai franchisee Anda bisa melihat laporan keuangan sebuah bisnis franchise sebelum melakukan investasi, lho. Sebab, ada beberapa manfaat laporan keuangan bagi investor, yaitu:

Membantu Mengambil Keputusan

Fungsi laporan keuangan yang pertama adalah membantu pengambilan keputusan bagi calon investor. Jadi tidaknya calon investor untuk menggunakan franchise ini bisa tergantung dari laporan keuangan perusahaan, lho. Sebab, dari sini investor bisa menilai berapa banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Melihat Potensi Keuangan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, laporan keuangan merupakan laporan yang memuat keadaan terkini dari keuangan perusahaan. Bagi calon investor, laporan bisa melihat seberapa besar potensi dari franchise dalam mendapatkan keuntungan. Hal ini biasanya terlihat dari berapa besaran laba yang diperoleh perusahaan dalam satu periode tertentu.

Melihat Kinerja Perusahaan

Manfaat laporan keuangan bagi investor yang selanjutnya adalah membantu calon investor atau franchisee dalam menilai kinerja perusahaan. Anda sebagai calon franchisee dapat menilai kinerja perusahaan dari profit yang tinggi dan penggunaan aset yang sesuai dengan tujuan atau tidak.

Menilai Risiko Bisnis

Selama berbisnis pasti ada risiko, baik risiko yang bersifat besar atau kecil. begitu pula dengan franchise yang digadang-gadang menjadi bisnis yang minim risiko. Pertimbangan antara potensi perusahaan dan risiko ini nantinya akan membuat para franchisee berpikir laya atau tidak mereka menanamkan modal untuk berbisnis menggunakan franchise yang akan dipilih.

Menganalisis BEP Bisnis

Break Even Point atau BEP adalah sebuah kondisi di mana total pendapatan perusahaan sama dengan jumlah pengeluaran modal. Mengetahui dan menganalisis BEP ini tentu sangat penting bagi para investor atau calon franchisee.

Sebab, dengan analisis BEP ini Anda bisa mengira-ngira kapan akan terjadi BEP. Semakin cepat BEP, maka semakin disukai juga oleh calon franchisee.

Nah, itu dia apa saja manfaat laporan keuangan bagi investor untuk bisnis franchise. Sebagai calon franchisee, Anda boleh melihat laporan keuangan atau rencana anggaran perusahaan secara umum jika Anda meminta. Ini bisa menjadi pertimbangan apakah franchise yang Anda pilih sesuai dengan yang diharapkan atau tidak.

Contohnya saja franchise Apotek K-24 yang laporan keuangannya tentu sudah tersusun dengan jelas dan terstruktur. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan keadaan keuangan bisnis karena pastinya sesuai dengan standar.

Ingin berbisnis yang menguntungkan dan keuangan terjaga? Langsung hubungi saja hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. Demikian ulasan tentang manfaat laporan keuangan bagi investor, semoga bermanfaat!

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat