Peran Apoteker di Apotek, Wajib Tahu jika Ingin Mengelola Bisnis

Peran Apoteker di Apotek, Wajib Tahu jika Ingin Mengelola Bisnis

Peran Apoteker di Apotek, Wajib Tahu jika Ingin Mengelola Bisnis

  • Oct 13, 2023

Mungkin masih banyak orang di Indonesia yang bingung dengan sebenarnya apa peran apoteker di apotek. Orang-orang mungkin mengira bahwa apoteker hanya orang yang melayani jual beli obat saja. Padahal, profesi yang satu ini memiliki peran yang begitu besar untuk masyarakat sekitar dan juga keberlangsungan bisnis apotek.

Pada umumnya, apoteker merupakan salah satu profesi di bidang kesehatan yang mempunyai spesialisasi pada obat-obatan, mulai dari menggunakan, menyimpan, hingga menyediakan. Seorang apoteker berhak untuk memberikan panduan atau informasi tentang cara menggunakan obat dan kemungkinan efek sampin yang bisa terjadi setelah meminumnya.

Peran Apoteker di Apotek

Apoteker adalah profesi kesehatan yang memadupadankan antara ilmu pengetahuan farmasi, perawatan kesehatan, teknologi, etika, bisnis, dan kontak langsung dengan pasien. Profesi medis ini memiliki spesialisasi di bidang pengolahan obat.

Oleh karena itu, sebelum menjadi apoteker yang sebenarnya, mereka perlu menyelesaikan pendidikan di bidang farmasi. Hal ini agar para apoteker akrab dengan susunan biokimia yang ada di dalam obat sehingga mengerti penggunaannya, efek samping, implikasi keefektifannya, dan bagaimana interaksinya.

Untuk mendapatkan gelar apoteker dan bisa menjalankan perannya, seseorang harus menyelesaikan studi sarjana dan satu tahun untuk gelar apoteker. Selain itu, juga memiliki pengalaman magang dan pengalaman praktik farmasi.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, peran apoteker di apotek ini sangat dibutuhkan untuk pelayanan kefarmasian. Di mana tugas-tugasnya sendiri berupa:

Meracik Obat

Tugas utama dari apoteker adalah meracik obat yang dibutuhkan pasien. Oleh karena itu, menjadi apoteker ini harus bisa melihat kebutuhan masyarakat dan instruksi dari resep yang diberikan dokter. Selain itu, juga memberikan solusi kepada pasien jika mereka membutuhkan obat bebas yang tidak perlu resep dari dokter.

Melakukan Konseling Obat

Ketika pasien membeli obat, apoteker tidak semata-mata hanya memberikan produknya saja, mereka juga perlu memberikan informasi tentang obat dengan pasti. Biasanya informasi yang diberikan ini berupa jadwal minum obat, efek samping obat, apa yang harus dihindari ketika minum obat, dan lain-lain.

Selama proses konseling ini, pasien sangat dibolehkan untuk menyampaikan pendapatnya atau keluhannya ketika pemakaian obat. Proses ini bertujuan agar pasien mengerti tentang obat dan aman ketika mengonsumsinya sehingga keluhannya sembuh.

Melakukan Komunikasi dengan Dokter

Tugas dan peran apoteker di apotek adalah menjalin kerja sama dengan dokter agar pelayanan kefarmasian bisa maksimal. Dalam proses pengobatan, dokter dan apoteker tidak boleh berjalan sendiri-sendiri, ya. Hal ini untuk memastikan keamanan pasien ketika menggunakan obat dan menghindari reaksi obat, seperti alergi, penggantian obat, dan lain sebagainya.

Melihat peran apoteker di apotek yang sangat penting, tentu membuat Anda perlu mencari apoteker yang profesional dan berkualitas ketika membuka bisnis apotek. Mencari apoteker yang bisa menjalankan tugas dan peran apoteker di apotek mungkin gampang-gampang susah.

Namun, apabila Anda kurang paham dengan cara perekrutan apoteker, Anda bisa, lho, memanfaatkan franchise Apotek K-24. Sebab, berbagai perekrutan dan pelatihan para apoteker ini nantinya akan diurus langsung oleh pihak franchisor.

Jadi, apabila tertarik berbisnis bersama Apotek K-24, hubungi saja hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24, Anda memiliki kesempatan untuk berbisnis dengan nama Apotek K-24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat