7 Pertanyaan Franchise yang Wajib Ditanyakan Ketika Ingin Memilih

7 Pertanyaan Franchise yang Wajib Ditanyakan Ketika Ingin Memilih

7 Pertanyaan Franchise yang Wajib Ditanyakan Ketika Ingin Memilih

  • Dec 13, 2023

Memilih franchise untuk dijadikan bisnis utama memang tidak boleh sembarangan. Sebab, Anda perlu mempelajari dan meriset merek-merek franchise secara mendalam jika Anda tidak mau rugi atau kecewa dengan apa yang didapatkan. Oleh karena itu, ada beberapa pertanyaan franchise yang mungkin perlu Anda ajukan kepada pihak franchisor jika ingin mantap dengan pilihan-pilihan yang ada.

Ketika Anda ingin membuka dan mengelola bisnis, Anda jangan sampai malu bertanya ke orang terdekat atau pihak yang akan membantu, seperti franchise. Ada pepatah yang mengatakan malu bertanya, maka akan sesat di jalan. Hal ini juga berlaku saat Anda ingin membeli atau memilih franchise yang ada.

Pertanyaan Franchise yang Perlu Diajukan

Mengajukan pertanyaan ketika masih memilih-memilih merek franchise untuk dijadikan bisnis utama memang hal yang wajib dilakukan. Sebab, melalui pertanyaan-pertanyaan ini Anda dapat melihat bisnis tersebut lebih dalam sehingga tidak akan ada penyesalan di masa depan.

Selain itu, dengan bertanya Anda akan mengenal bisnis yang akan dilakukan. Alhasil, selama pengelolaan bisnis Anda bisa mengantisipasi apa yang akan terjadi dan juga mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin perlu Anda ajukan ketika memilih franchise:

Berapa Total Biaya Investasi

Pertanyaan franchise terkait biaya investasi sepenuhnya agaknya sangat penting ditanyakan. Sebab, kadang kala nominal dana yang sebenarnya tidak dinyatakan oleh franchisor secara langsung pada iklan-iklan yang ada. Oleh karena itu, Anda perlu bertanya langsung mengenai dana yang dibutuhkan.

Biaya Kelanjutan yang Harus Dibayar

Selama mengelola bisnis dengan franchise tentu saja masih ada biaya yang perlu dibayarkan, hal ini biasanya disebut royalty fee. Besaran royalty fee setiap franchise bisa berbeda-beda, sehingga Anda perlu tahu berapa yang harus dibayarkan karena biasanya berhubungan langsung dengan omzet tiap bulan.

Dukungan yang Diberikan

Franchise adalah sistem bisnis yang bertujuan untuk memudahkan Anda sebagai pebisnis. Hal ini dinyatakan dengan berbagai dukungan yang diberikan franchisor kepada franchisee. Jika ada bisnis yang mengaku franchise tapi tidak memberikan dukungan penuh, maka Anda perlu waspada.

Oleh karenanya, Anda perlu tahu seberapa jauh franchisor akan memberikan dukungan terkait pengelolaan bisnis ini. Semakin banyak dukungan, maka semakin baik pula franchise-nya.

Adakah Batasan Wilayah

Pertanyaan franchise yang selanjutnya ini berhubungan erat dengan lokasi bisnis yang akan dijalankan. Wilayah atau lokasi strategis sangatlah penting untuk keberlangsungan bisnis. Sebab, lokasi ini nantinya akan menentukan jumlah pelanggan yang mungkin datang. Ada tidaknya batasan wilayah bisa menjadi penentu Anda dalam memilih franchise, lho.

Tingkat Keberhasilan

Franchise adalah bisnis yang minim akan risiko. Maka dari itu, pertanyaan franchise yang harus ditanyakan selanjutnya adalah bagaimana Tingkat keberhasilan bisnis, baik di masa depan atau yang sudah berjalan.

Bagaimana Proses Perpanjangan

Sistem franchise ternyata memiliki tenggang waktu tertentu. Hal ini tergantung perjanjian yang akan dilakukan antara franchisor dan franchisee. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apakah proses perpanjangan akan berjalan lancar atau perlu dokumen-dokumen tambahan lainnya.

Sejauh Mana Kontrol Mandiri

Meskipun mudah dikelola, tapi dengan franchise Anda perlu mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh franchisor. Jadi, sebagai pengguna, pertanyaan franchise yang perlu diajukan adalah seberapa jauh sih kontrol yang akan Anda miliki.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih franchise yang akan dijadikan bisnis utama. Oh iya, Anda juga bisa menanyakan beberapa pertanyaan franchise di atas jika ingin menggunakan franchise Apotek K-24, lho. Caranya mudah sekali, tingga hubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat