4 Pertimbangan Bisnis Franchise yang Harus Dipenuhi saat Memilih

4 Pertimbangan Bisnis Franchise yang Harus Dipenuhi saat Memilih

4 Pertimbangan Bisnis Franchise yang Harus Dipenuhi saat Memilih

  • Feb 20, 2024

Menggunakan bisnis franchise memang memudahkan Anda yang masih baru dalam dunia bisnis. Namun, banyak pertimbangan bisnis franchise yang perlu diketahui sebelum memilih dan menggunakannya. Sebab, salah memilih franchise bisa membuat bisnis Anda tidak berjalan dengan apa yang diharapkan. Jadi, bukannya untung malah rugi besar.

Tujuan berbisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan hingga akhirnya bisa balik modal. Namun, dalam mencapai hal tersebut tentu Anda memerlukan berbagai strategi bisnis yang bisa membuat usaha Anda berkembang. Sayangnya, tidak semua orang bisa memulai bisnis dan mengelolanya dengan baik, apalagi jika Anda masih pemula di dalam dunia bisnis.

Pertimbangan Bisnis Franchise saat Memilihnya

Oleh karena itu, salah satu jalan keluarnya, banyak orang beralih pada bisnis franchise yang sebagian besar menjamin keuntungan dan keberhasilannya. Sebab, berbisnis dengan franchise ini bukan berarti berbisnis dari nol.

Kok bisa? Bisnis franchise biasanya menawarkan sebuah paket usaha dengan brand yang sudah besar dan dikenal masyarakat. Inilah yang menjadi daya tarik franchise, di mana mereka sudah mendapatkan pasarnya sendiri. Artinya, membeli franchise juga sama saja dengan membayar lisensi untuk digunakan dalam berbisnis.

Meskipun terbilang menguntungkan, dalam memilih bisnis franchise ini, Anda perlu mempertimbangkan banyak hal, di antaranya:

Reputasi Brand

Pertimbangan bisnis franchise yang pertama adalah melihat apakah brand sudah terkenal dan memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat. Ingat, produk utama dari franchise adalah nama atau brand bisnis itu sendiri.

Jadi, jangan sampai Anda tertipu dengan pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang menawarkan bisnis franchise tapi tidak dengan nama brand yang besar. Sebab, salah satu jaminan dari franchise adalah keberhasilan dan keuntungan dari bisnis.

Support atau Dukungan

Menggunakan bisnis franchise bukan semata-mata Anda memakai brand lalu jalan sendiri. Bisnis franchise berkewajiban untuk memberikan dukungan penuh kepada pemakai franchise (franchisee). Dukungan ini bisa bermacam-macam, mulai dari strategi pemasaran, SDM, operasional, IT, pemilihan lokasi, perizinan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sebelum benar-benar memilih franchise, pastikan terlebih dahulu dukungan yang akan Anda terima, ya.

Manfaatnya untuk Masyarakat

Manfaat bisnis terhadap masyarakat sekitar juga bisa menjadi pertimbangan bisnis franchise, lho. Walaupun tujuan utama dari berbisnis adalah mendapatkan keuntungan tapi jangan sampai Anda melupakan lingkungan sekitar.

Bisnis yang baik adalah bisnis yang bisa memberikan manfaat besar untuk masyarakat sekitarnya. Contohnya saja bisnis apotek yang berperan penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar dalam bidang kesehatan.

Manajemen SDM

Sumber daya manusia (SDM) merupakan hal yang sangat esensial bagi bisnis karena dapat mempengaruhi keberhasilan sebuah bisnis. Manajamen SDM ini penting ya karena banyak sekali manfaatnya, seperti bisa memanfaatkan SDM dengan efisien, produktivitas karyawan bisa meningkat, dan mengenali kebutuhan karyawan.

Namun, tidak semua orang bisa melakukan manajemen SDM dengan baik, lho. Jadi, carilah perusahaan franchise yang sudah memiliki bagian manajemen SDM tersendiri agar Anda bisa memiliki karyawan yang kompeten.

Poin-poin dalam pertimbangan bisnis franchise di atas ternyata sudah ada di dalam bisnis franchise Apotek K-24, lho. Oleh karena itu, Anda tidak akan merasa rugi ketika menggunakan franchise Apotek K-24 sebagai bisnis Anda.

Apabila Anda tertarik, Anda bisa langsung menghubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 karena pada tanggal 23-26 Februari 2024 besok sedang ada promo menarik diskon 50% untuk royalty fee 6 bulan pertama. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat