Perkembangan Bisnis Digital, Penting untuk Keberlangsungan Apotek

Perkembangan Bisnis Digital, Penting untuk Keberlangsungan Apotek

Perkembangan Bisnis Digital, Penting untuk Keberlangsungan Apotek

  • Nov 22, 2023

Penggunaan teknologi dan internet pada dunia bisnis memang sudah lama dimanfaatkan. Namun, perkembangan bisnis digital di Indonesia ini baru tumbuh secara signifikan pada tahun 2019 lalu. Hal ini tentu saja membuat banyak pelaku bisnis untuk beradaptasi dan menggunakan berbagai platform digital sebagai tempat bisnisnya. Lalu apakah penting menggunakan teknologi digital pada bisnis apotek?

Indonesia ternyata memiliki mimpi untuk menjadi raksasa digital di masa mendatang, baik untuk bisnis, pelayanan masyarakat, dan lain sebagainya. Sebab, potensi Indonesia dalam transformasi digital ini tidak kecil, bahkan pertumbuhan ekonomi digital ini berkembang dengan pesat. Apalagi setelah melewati pandemic COVID-19, bisnis digital ini sangat dibutuhkan masyarakat.

Perkembangan Bisnis Digital di Indonesia

Perubahan budaya masyarakat memang selalu terjadi kapan saja. Salah satu contohnya perilaku berbelanja, yang sebelumnya orang-orang senang untuk datang langsung ke toko kini berganti menjadi menunggu seseorang mengantarkan pesanan ke alamat tujuan.

Hal ini karena adanya perkembangan dalam dunia bisnis yang didorong oleh e-commerce, transportasi, media online, aplikasi, pengiriman makanan, dan lain sebagainya. Menurut Kementerian Keuangan RI, pengguna industri digital ini mencapai 80% setelah pandemi COVID-19.

Berdasarkan data dari We Are Social, Nilai transaksi uang elektronik juga mengalami pertumbuhan 94,65%, dari Rp 16,08 triliun menjadi Rp 31,3 triliun pada November 2021. Artinya, perkembangan bisinis digital di Indonesia ini juga didorong oleh masyarakat yang selalu adaptif dengan keadaan.

Walaupun digitalisasi ini memberikan banyak manfaat untuk ekonomi dan para pelaku bisnis. Namun, digitalisasi ini juga meninggalkan banyak tantangan baru yang perlu diwaspadai. Contohnya saja kurangnya literasi digital yang tentu saja menjadi PR untuk pemerintah atau masyarakat.

Selain itu, adanya ketidaksetaraan dalam literasi digital dalam setiap lapisan masyarakat. Tantangan digitalisasi yang ada lainnya bisa berupa keamanan siber, akses internet, regulasi, dan sumber daya manusianya.

Pentingnya Penggunaan Teknologi Digital dalam Bisnis Apotek

Terbiasanya masyarakat melakukan transaksi elektronik, membuat banyak orang lebih tertarik untuk membeli obat secara online. Sebab, membeli produk melalui whatsapp, e-commerce, atau apotek online terbilang lebih praktis dan cepat.

Oleh karena itu, keberadaan apotek digital dalam masa perkembangan bisnis digital ini sangatlah penting jika ingin bisnis maju. Selain perubahan perilaku masyarakat, keberadaan apotek digital ini menambah kenyamanan konsumen dalam memesan obat.

Sebab, tujuan dari apotek digital atau apotek online ini adalah memprioritaskan kenyamanan, aksesibilitas, transparansi, ketersediaan stok, dan privasi pelanggan. Keadaan ini memberikan peluang yang besar terhadap para pebisnis apotek karena keterjangkauan masyarakat semakin terjamin.

Ada beberapa manfaat dari keberadaan apotek digital, yaitu:

  • Pelayanan konsultasi bisa berbasis digital.

  • Pelanggan semakin nyaman.

  • Pelayanan dari apoteker semakin efisien.

  • Ada pelayanan pengiriman.

Salah satu contoh apotek digital yang ada di Indonesia adalah K24Klik, apotek online dari Apotek K-24. Layanan apotek online yang satu ini sudah ada sejak tahun 2016 lalu, lho. Melalui K24Klik, Anda dapat melakukan banyak hal, mulai dari memesan obat, konsultasi, konsultasi dengan dokter mengenai resep dokter, dan lain sebagainya.

Adanya K24Klik ini tentu menjadi salah satu contoh dari perkembangan bisnis digital yang ada di Indonesia. Apabila Anda tertarik untuk berbisnis apotek yang sudah ada dalam bentuk online ini, maka hubungi saja hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang antiribet. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat