5 Cara Menjaga Kepuasan Pelanggan agar Bisnis Bertahan Lama

5 Cara Menjaga Kepuasan Pelanggan agar Bisnis Bertahan Lama

5 Cara Menjaga Kepuasan Pelanggan agar Bisnis Bertahan Lama

  • Nov 08, 2023

Kepuasan pelanggan adalah salah satu kunci dari keberhasilan sebuah bisnis, baik bisnis kuliner, bisnis fashion, atau bisnis apotek sekalipun. Melalui kepuasan pelanggan inilah penjualan Anda bisa meningkat sedikit demi sedikit. Apabila Anda sebagai pebisnis sudah berhasil meningkatkan tingkat kepuasan, lalu kira-kira bagaimana cara menjaga kepuasan pelanggan?

Kebutuhan pelanggan bisa sama atau berubah dari satu waktu ke waktu. Hal inilah yang membuat terkadang bisnis dapat berjalan naik atau turun dari periode ke periode lainnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk bisa menjaga kepuasan pelanggan agar bisnis bisa berjalan dengan baik. Menjaga tingkat kepuasan ini sama saja dengan bagaimana Anda bisa survive dalam dunia bisnis.

Cara Menjaga Kepuasan Pelanggan

Secara umum, kepuasan pelanggan merupakan tingkat perasaan pelanggan yang didapatkan setelah datang ke tempat bisnis Anda. Perasaan tersebut biasanya berasal dari perbandingan antara ekspektasi pelanggan dengan apa yang diterima.

Ekspektasi tersebut datangnya bisa dari banyak faktor, misalnya saja produk, pelayanan, tempat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara menjaga kepuasan pelanggan dari berbagai sisi yang perlu dilakukan, khususnya pengelola bisnis apotek:

Tingkatkan Kualitas Produk dan Jaga Harganya

Produk yang diperjualbelikan apotek biasanya berupa sediaan farmasi yang berisikan obat, obat tradisional, alat kesehatan, susu, dan bahan medis lainnya. Kualitas dari sediaan farmasi ini harus tetap terjaga mulai dari pabrik hingga sampai di apotek. Sebab, pelanggan akan merasa tidak puas jika produk yang didapatkan justru rusak atau tidak bermanfaat sama sekali pada proses pengobatan.

Jaga Kualitas Pelayanan atau Justru Tingkatkan

Selain dari produk, Anda juga perlu menjaga kepuasan pelanggan dari segi pelayanan di apotek. Pelayanan kefarmasian adalah standar layanan yang harus ada di apotek. Selain itu pelayanan ini harus bersifat ramah, berfokus pada kebutuhan pelanggan, dan memberikan solusi.

Oh iya, jangan lupa untuk menyiapkan farmasi klinik agar pelayanan bisa semakin meningkat. Klinik ini bisa digunakan untuk kegiatan konseling obat, pemantauan terapi obat, pengkajian resep, homecare, dan monitoring efek samping obat. Hal ini bisa menjadi nilai tambah terhadap tingkat kepuasan.

Selalu Berusaha untuk Memberikan Solusi kepada Pelanggan

Cara menjaga kepuasan pelanggan yang selanjutnya adalah berusaha untuk memberikan jawaban atau solusi kepada pelanggan. Permintaan pelanggan dari waktu ke waktu bisa berubah atau sama. Oleh karena itu, jangan sampai persediaan obat kosong agar Anda tidak menolak pelanggan. Artinya, sangat penting untuk mengelola stok agar produk selalu siap sedia.

Berikan Informasi yang Jelas

Sediaan farmasi adalah produk yang menyembuhkan tapi terkadang bisa memberikan efek samping. Oleh karenanya, setiap kali pelanggan datang untuk membelinya, Anda harus bisa memberikan informasi tentang obat yang penting untuk diketahui. Pelanggan biasanya akan merasa lebih puas dan diperhatikan jika mendapatkan informasi tanpa harus bertanya terlebih dahulu.

Permudah Akses Pelanggan

Mempermudah akses pelanggan terhadap produk Anda bisa menjadi salah satu cara menjaga kepuasan pelanggan, lho. Kini akses terhadap sediaan farmasi bisa ditingkatkan dengan cara online. Oleh karena itu, penting untuk membuat apotek online agar pelanggan lebih mudah dalam berkonsultasi dan mendapatkan sediaan farmasi.

Melalui cara online ini, pemenuhan kebutuhan akan obat dan alat kesehatan menjadi lebih mudah dan terbilang efektif. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu memanfaatkan media sosial, aplikasi, website, dan media lainnya untuk memasarkan bisnis apotek Anda, ya.

Nah, itu dia ulasan tentang cara menjaga kepuasan pelanggan yang bisa Anda lakukan ketika sedang mengelola bisnis apotek. Oh iya, ada franchise Apotek K-24 yang bisa membantu Anda dalam melakukan cara-cara di atas, lho.

Ketika menggunakan franchise Apotek K-24 sebagai bisnis Anda, nantinya Anda akan mendapat dukungan penuh dalam mengelola bisnisnya. Anda tidak akan merasa sendiri untuk mengurus bisnis apotek. Jadi, tidak perlu ragu untuk menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat