5 Bisnis yang Tahan Krisis, Miliki agar Punya Pendapatan Tambahan

5 Bisnis yang Tahan Krisis, Miliki agar Punya Pendapatan Tambahan

5 Bisnis yang Tahan Krisis, Miliki agar Punya Pendapatan Tambahan

  • Jan 19, 2024

Beberapa jenis bisnis yang tahan krisis mungkin sangat penting diketahui bagi Anda yang ingin masuk ke dunia bisnis. Sebab, dengan bisnis-bisnis ini Anda dapat menghadapi krisis ekonomi yang mungkin terjadi kapan saja. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, krisis ekonomi sangat membahayakan negara dan mempengaruhi daya beli Anda di masa depan.

Krisis ekonomi adalah suatu keadaan di mana negara mengalami penurunan yang drastis pada bidang ekonomi. Oleh karenanya, krisis pasti menyebabkan ketidakpastian bagi pemerintah, perusahaan, dan individu. Sayangnya, pihak pemerintah atau pasar pun belum bisa memberikan solusi yang ampuh untuk mencegah terjadinya krisis ekonomi.

Bisnis yang Tahan Krisis

Krisis ekonomi dianggap sangat kompleks karena penyebabnya tidak hanya satu, contohnya saja kelebihan utang, kegagalan perbankan, guncangan ekonomi dari negara lain, dan gagalnya kebijakan ekonomi.

Namun, dari permasalahan tersebut, ada salah satu jalan keluar yang bisa dilakukan untuk menghadapi krisis ekonomi, yaitu memiliki pendapatan tambahan dari sebuah bisnis. Hal ini memang tidak mudah karena membangun bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Selain itu, Anda perlu memilih usaha yang bisa tahan terhadap krisis ekonomi, contohnya adalah:

Usaha Kebutuhan Bahan Pokok

Bahan pokok adalah adalah kebutuhan primer masyarakat yang selalu dipenuhi pada kondisi apapun, meski terjadi krisis sekalipun. Jadi, salah satu bisnis yang tahan krisis adalah perdagangan bahan pokok.

Selain itu, walau terjadi fluktuasi harga pasar tapi hal ini tidak akan menjadi permasalahan besar karena bisnis sulit untuk pailit. Namun, Anda perlu melakukan manajemen keuangan yang baik karena barang keluar masuk sangatlah cepat.

Bisnis di Bidang Kuliner

Sama seperti bahan pokok, bisnis makanan atau minuman juga jadi usaha yang bisa tahan saat krisis berlangsung. Sebab, masyarakat pasti membutuhkan makanan dan minuman dalam kondisi apapun. Selain itu, bisnis kuliner dianggap membutuhkan modal yang kecil.

Namun, kesulitan yang bakal terjadi dalam menggeluti bisnis kuliner adalah ketika Anda harus menarik perhatian konsumen dan menghadapi persaingan bisnis yang begitu ketat.

Jasa Pendidikan dan Pelatihan

Bisnis yang tahan krisis selanjutnya adalah membuka jasa pendidikan dan pelatihan. Krisis ekonomi menjadi momentum yang tepat bagi orang-orang untuk mengevaluasi dan beradaptasi dengan perubahan. Hal ini membuat banyak orang membutuhkan pengetahuan dan pelatihan lebih agar bisa mengembangkan diri sehingga dapat menghadapi krisis yang sedang berlangsung.

Bisnis Produk Digital

Dewasa ini, produk-produk digital sangat diminati masyarakat karena sangat efektif dan menghemat waktu untuk memenuhi kebutuhan. Selain itu, perkembangan teknologi juga mau tidak mau membuat sektor bisnis berubah di mana kini banyak menggunakan produk-produk digital.

Oleh karena itu, perdagangan produk digital seperti aplikasi dan software sangatlah laku di pasaran. Apabila Anda bisa menyikapi teknologi dengan tepat, maka perkembangan teknologi ini bisa mendorong Anda untuk keluar dari masa krisis.

Bisnis di Bidang Kesehatan

Terjun dalam dunia kesehatan ternyata dapat menjadi bisnis yang tahan krisis selanjutnya. Produk-produk kesehatan kini sudah menjadi kebutuhan pokok, seperti obat, suplemen, vitamin, dan susu. Sebab, kebutuhan untuk sehat kini sangat dicari-cari oleh masyarakat luas, baik karena kesadaran yang meningkat atau butuh untuk beraktivitas sehari-hari.

Salah satu bisnis dalam bidang kesehatan yang tahan krisis adalah Apotek K-24, di mana bisnis ini mampu menghadapi krisis di tahun 2008 dan 2013. Anda sebagai pebisnis sangat bisa, lho, jika ingin berbisnis menggunakan nama Apotek K-24.

Sebab, Apotek K-24 membuka franchise bagi Anda yang ingin berbisnis tapi bingung bagaimana caranya. Jadi, bila Anda ingin bisnis yang tahan krisis dan mudah dalam membangunnya, segera hubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat