Apa yang Dimaksud dengan Budgeting? Apakah Penting untuk Bisnis?

Apa yang Dimaksud dengan Budgeting? Apakah Penting untuk Bisnis?

Apa yang Dimaksud dengan Budgeting? Apakah Penting untuk Bisnis?

  • Feb 29, 2024

Banyak orang mengatakan sebuah bisnis bisa saja gagal walaupun sudah memiliki perencanaan bisnis yang baik dan tepat. Salah satu faktor yang mempengaruhinya karena penyusunan dan pengelolaan anggaran (budgeting) yang kurang baik sehingga dana tidak digunakan secara efektif. Jika demikian apa yang dimaksud dengan budgeting dan seberapa pentingnya untuk sebuah bisnis?

Dalam melakukan penganggaran atau budgeting ini harus dilakukan oleh orang yang sudah ahli. Sebab, salah melakukan budgeting sedikit saja, maka keuangan perusahaan akan menjadi taruhannya. Bahkan, dalam berbagai sumber mengatakan kalau budgeting merupakan hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai semua program bisnis.

Apa yang Dimaksud dengan Budgeting?

Apabila sangat penting, sebenarnya apa yang dimaksud dengan budgeting? Mengapa bisa menentukan nasib perusahaan di masa depan?

Pada dasarnya, budget adalah suatu konsep penting dalam manajemen keuangan yang berfungsi untuk mengatur dan mengontrol keuangan, baik dalam hal pemasukan dan pengeluaran. Selain itu, budgeting ini termasuk dalam rencana keuangan untuk sebuah bisnis.

Di mana rencana keuangan ini nantinya akan mencakup perkiraan pendapatan yang akan diterima serta alokasi anggaran untuk kegiatan yang akan dilakukan. Oleh karena itu, budgeting atau penganggaran ini memiliki peran yang sangat penting untuk stabilitas keuangan sebuah bisnis.

Melalui proses budgeting ini, Anda bisa mengontrol seberapa besar aset yang keluar atau masuk ke perusahaan. Harapannya, bisnis bisa berkembang dan tidak mengalami kebangkrutan dalam periode tertentu.

Keuntungan Penyusunan Budget untuk Bisnis Apotek

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai apa yang dimaksud dengan budgeting dalam dunia bisnis. Terdapat alasan mengapa melakukan budgeting atau penganggaran sangat penting. Bahkan, budgeting ini terbilang wajib dilakukan jika ingin bisnis berjalan lancar dan tidak berakhir bangkrut.

Berikut beberapa alasan di balik mengapa penganggaran harus dilakukan:

  • Menjadi pedoman kerja sehingga target perusahaan bisa dicapai dengan baik.

  • Membantu koordinasi kerja setiap karyawan agar mereka bisa bekerja sama sebagai tim.

  • Membantu dalam melakukan evaluasi kerja, seperti apakah program kerja yang dilakukan terbukti efektif.

  • Memudahkan proses audit perusahaan dan memudahkan perencanaan keuangan di masa mendatang.

  • Membantu dalam mendapatkan dana tambahan dari pihak eksternal.

  • Mempermudah dalam memonitoring kinerja keuangan dalam bisnis.

Melihat penjelasan di atas, apa yang dimaksud dengan budgeting ini terlihat sangat esensial bagi keberlangsungan sebuah bisnis, khususnya bisnis apotek. Sebab, tanpa proses budgeting ini, Anda tidak bisa menggunakan dana apotek dengan efektif.

Seperti yang Anda tahu, melakukan budgeting tidak boleh sembarangan karena salah sedikit saja bisa berdampak pada keuangan perusahaan. Namun, jika Anda masih ragu dalam melakukan budgeting, maka tidak perlu khawatir karena Anda bisa beralih pada franchise Apotek K-24.

Dengan franchise Apotek K-24, Anda bisa berbisnis dengan dukungan penuh dari pihak franchisor sehingga Anda tidak perlu pusing-pusing dalam memikirkannya. Caranya mudah sekali, tinggal hubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat