5 Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan, Penting Dicatat!

5 Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan, Penting Dicatat!

5 Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan, Penting Dicatat!

  • Sept 23, 2023

Kepuasan pelanggan memang penting untuk keberlangsungan semua bisnis yang ada, khususnya bisnis apotek. Namun, dalam mendapatkan hal tersebut terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Faktor-faktor ini penting untuk menjadi perhatian khusus karena bisa berdampak langsung pada jumlah penjualan dan masa depan bisnis yang Anda kelola, lho.

Pada umumnya, kepuasan pelanggan adalah ukuran seberapa produk atau jasa dari bisnis Anda memenuhi harapan dari para pelanggan. Melalui tingkat kepuasan, nantinya status pelanggan baru bisa menjadi pelanggan yang loyal. Semakin tinggi kepuasan pelanggan, maka semakin banyak pula pelanggan loyal. Hal ini nantinya bisa mempengaruhi penjualan dan pertumbuhan bisnis Anda.

Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan

Tujuan utama dari memaksimalkan kepuasan pelanggan adalah membentuk pengalaman pelanggan terhadap perusahaan dan menciptakan pembelian berulang. Jadi, tidak hanya loyalitas pelanggan saja yang meningkat, tapi juga citra perusahaan pun bisa bertambah baik.

Berikut adalah beberapa indikator kepuasan pelanggan yang perlu Anda pahami dengan baik:

Kualitas Produk

Ketika Anda memiliki produk atau jasa dengan kualitas yang baik, maka pelanggan pun akan merasa senang menggunakannya. Oleh karena itu, Anda sebagai pebisnis harus bisa memenuhi harapan pelanggan terhadap kualitas agar mereka merasa terpuaskan.

Sebaliknya, pelanggan akan merasa tidak puas ketika Anda tidak mampu menjawab kebutuhan dan harapan pelanggan. Jadi, perhatikan kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan, ya.

Pelayanan yang Baik

Faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan selanjutnya adalah pelayanan yang didapatkan pelanggan. Ketika kualitas produk/jasa sudah baik, tapi pelanggan mendapatkan pelayanan yang buruk, maka sama saja tingkat kepuasan tidak akan meningkat.

Melalui pelayanan yang ramah dan menyelesaikan solusi, maka pelanggan akan merasa lebih dihargai. Alhasil, mereka akan lebih nyaman untuk berbelanja atau memakai bisnis Anda.

Kemudahan Akses terhadap Bisnis

Kini kemudahan informasi terhadap produk/jasa Anda juga menjadi penentu apakah pelanggan akan datang atau tidak. Semakin mudah informasi didapat, maka semakin tinggi juga peluang pelanggan untuk menggunakan produk/jasa Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan Website, Instagram, TikTok, Twitter, e-commerce dengan baik agar bisnis Anda bisa dikenal luas. Platform ini nantinya juga bisa menjadi tempat untuk mendapatkan feedback, review, dan lain sebagainya.

Perbandingan Harga

Harga produk/jasa yang Anda tawarkan ternyata menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, lho. Anda perlu memberikan harga yang relatif terjangkau dan sesuai dengan kualitas. Jadi, harga produk/jasa ini tidak boleh terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

Pengalaman Pelanggan

Pelayanan pada bisnis dan kualitas produk ini sebenarnya sama-sama membentuk pengalaman pelanggan yang berkesan. Ketika pelanggan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan, maka hal ini akan menempel di benak mereka.

Melalui pengalaman berkesan ini, pelanggan bisa saja datang kembali untuk merasakan pelayanan dan kualitas produk. Bahkan, pada proses yang lebih lanjut, mereka dengan sukarela mau untuk merekomendasikan kepada kerabat terdekat.

Nah, itu dia beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yang perlu Anda pahami dengan baik. Kepuasan pelanggan ini juga menjadi tujuan dari Apotek K-24, lho. Sudah lebih dari 20 tahun, Apotek K-24 berusaha memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap obat-obatan, alat kesehatan, dan susu.

Alhasil, sampai sekarang ini Apotek K-24 masih tetap eksis dalam membantu memenuhi kebutuhan masyarakat. Bahkan, dalam perjalanannya, Apotek K-24 mendapatkan banyak penghargaan yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan.

Jadi, jika Anda ingin berbisnis dengan bisnis yang berhasil dalam mendapatkan kepuasan pelanggan, pilih saja franchise Apotek K-24 dengan menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat