Apa yang Dimaksud dengan Laporan Laba Rugi? Cek Jawabannya!

Apa yang Dimaksud dengan Laporan Laba Rugi? Cek Jawabannya!

Apa yang Dimaksud dengan Laporan Laba Rugi? Cek Jawabannya!

  • Agust 11, 2023

Selain laporan arus kas (cash flow), ternyata masih ada laporan laba rugi, lho, yang penting untuk bisnis apotek Anda. Bagi Anda yang sudah berkecimpung di dunia bisnis atau perdagangan, mungkin istilah laporan laba rugi sudah tidak asing. Salah satu laporan yang penting untuk acuan kondisi finansial pada suatu bisnis. Jika demikian, apa yang dimaksud dengan laporan laba rugi?

Laba dan rugi adalah dua istilah yang sudah sangat umum di telinga masyarakat. Bahkan, tanpa masuk dalam dunia bisnis pun mungkin Anda sudah mengenal laba dan rugi sejak kecil. Sebab, laba dan rugi adalah konsep yang bisa diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari, bukan hanya pada bisnis saja. Namun, jika sudah berbicara laporan laba rugi, maka hal ini berhubungan erat dengan sebuah bisnis.

Apa yang Dimaksud dengan Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah salah satu laporan keuangan yang penting untuk dibuat karena berisikan pendapatan dan beban dari perusahaan. Selain itu, laporan ini juga akan memberikan informasi mengenai laba atau rugi bersih yang didapatkan oleh perusahaan dalam periode tertentu.

Pada umumnya, laporan laba rugi dibentuk atau dibuat dalam periode tertentu, biasanya dalam satu tahun atau satu bulan. Penentuan periode ini juga dapat berdasarkan akan konsep perbandingan yang bisa disebut dengan konsep pengaitan atau pemadanan.

Laporan laba rugi ini ternyata masuk ke dalam 4 jenis laporan keuangan utama dan bisa menjadi penghubung antara dua laporan neraca. Ada beberapa unsur dalam apa yang dimaksud dengan laporan laba rugi, yaitu:

  • Pendapatan

  • Beban

  • Keuntungan

  • Kerugian

Selain itu, dalam penyusunan laporan laba rugi, ada pembagian laba, seperti laba kotor, laba operasi, laba sebelum pajak, dan laba bersih.

Manfaat Laporan Laba Rugi

Keberadaan laporan laba rugi ini tentu bermanfaat bagi Anda yang sedang mengelola bisnis. Sebab, tidak mungkin laporan dibuat tanpa memberikan keuntungan. Berikut beberapa manfaat dari laporan laba rugi:

  • Membantu dalam mengevaluasi kinerja perusahaan dengan melihat peningkatan pendapatan atau kerugian.

  • Menilai apakah pengeluaran yang dilakukan efektif atau tidak sehingga cocok untuk pengembangan perusahaan.

  • Meminimalkan risiko perusahaan yang mungkin terjadi.

  • Menganalisis strategi perusahaan untuk memaksimalkan pendapatan.

  • Menjadi tolok ukur perusahaan untuk bersaing dengan competitor atau menarik investor.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai apa yang dimaksud dengan laporan laba rugi dan manfaatnya untuk bisnis apotek Anda. Bagi Anda yang tidak mendalami perihal ekonomi atau dunia bisnis, mungkin akan kesulitan untuk membuat laporan laba rugi.

Jadi, jika Anda ingin memulai bisnis apotek tapi bingung membuat laporan keuangannya, gunakan saja franchise Apotek K-24. Sebab, Apotek K-24 sudah menggunakan sistem yang terintegrasi sehingga pembuatan laporan keuangan bisa lebih akurat dan sistematis.

Yuk, segera hubungi hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Selain itu, franchise Apotek K-24 juga akan hadir di IFRA Business Expo 2023 pada tanggal 25-27 Agustus besok ini. Selama berlangsungnya Expo, Apotek K-24 akan menawarkan dua promo menarik, nih.

Pertama, diskon 50% royalty fee pada 6 bulan pertama operasional untuk deal MoU di kota/kabupaten yang sudah ada Apotek K-24. Kedua, cashback sebesar 20 juta franchise fee untuk deal MoU di kota/kabupaten yang belum ada Apotek K-24. Jadi, datangi stan Apotek K-24 di ICE BSD City, ya, kalau ingin mendapatkan promo tersebut.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat