Cara Buka Apotek, Inilah Hal-hal yang Perlu Disiapkan!

Cara Buka Apotek, Inilah Hal-hal yang Perlu Disiapkan!

Cara Buka Apotek, Inilah Hal-hal yang Perlu Disiapkan!

  • Dec 12, 2023

Bagi Anda yang ingin membuka sebuah bisnis di bidang kesehatan, maka Anda dapat mempertimbangkan peluang dari usaha apotek. Selain mendapatkan keuntungan, Anda juga bisa membantu masyarakat dengan memberikan akses terhadap obat, alat kesehatan, susu, vitamin, dan suplemen. Jika demikian, bagaimana sih cara buka apotek yang bisa dilakukan?

Apotek adalah fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan kefarmasiaan dan berbagai produk-produk kesehatan, seperti obat, vitamin, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dengan mendirikan apotek, Anda sama saja membuka tempat kerja untuk orang-orang yang berprofesi dalam bidang farmasi. Hal ini tentu perlu Anda pikirkan ketika ingin membuka sebuah apotek.

Cara Buka Apotek

Namun, dalam mendirikan apotek baru ini ternyata tidak semudah yang Anda bayangkan. Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan karena apotek sangat berhubungan dengan kesehatan masyarakat dan produk-produk berbahan kimia.

Dengan mengetahui apa yang perlu dipersiapkan tentu bisa mempermudah Anda dalam menyiapkan bisnis apotek ke depannya. Berikut adalah beberapa langkah khusus dalam mendirikan dan membangun bisnis apotek:

Merencanakan Bisnis dan Modal

Memulai sebuah bisnis tentu harus Anda rencanakan dengan matang terlebih dahulu, mulai dari nama, brand, tagline, identitas, hingga modal sekalipun. Perencanaan ini bertujuan agar Anda tidak salah langkah ketika sudah di tengah perjalanan dalam membangun apotek.

Selain menyiapkan identitas, tentu saja menyiapkan modal atau dana yang dibutuhkan juga sangat penting. Bisnis Anda tidak akan bisa berjalan tanpa adanya modal awal.

Menentukan Lokasi

Cara buka apotek yang selanjutnya adalah memilih lokasi yang cocok untuk mendirikan apotek. Lokasi yang strategis ini sangat penting jika Anda mendirikan apotek yang bersifat offline. Sebab, melalui lokasi strategis ini nantinya akan menentukan jumlah konsumen yang datang ke apotek. Apotek sendiri akan terbilang strategis jika dibangun di dekat rumah sakit, puskesmas, dan pemukiman yang padat.

Persiapan untuk Perizinan

Mempersiapkan dokumen penting menjadi salah satu cara buka apotek yang perlu Anda antisipasi. Sebab, hal ini nantinya akan berhubungan erat dengan perizinan yang harus Anda dapatkan untuk bisnis apotek ke depannya.

Oh iya, perizinan untuk apotek ini terbilang cukup banyak, lho, mulai dari izin bangunan, izin usaha, izin apoteker, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tidak heran jika mengurus perizinan untuk apotek akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan komitmen tinggi. Selain itu, biasanya Anda juga akan membutuhkan bantuan dari lawyer atau pihak yang ahli hukum.

Mencari Supplier Obat dan Alat Kesehatan

Menemukan supplier obat dan alat kesehatan terpercaya adalah hal yang harus Anda lakukan jika ingin membuka bisnis apotek. Sebab, apotek adalah fasilitas kesehatan yang menyediakan obat dan alat kesehatan. Oleh karena itu, Anda perlu memilih PBF dan PAK yang legal dan sesuai dengan standar BPOM serta Kemenkes RI.

Menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan Penunjang

Dalam menyiapkan bisnis apotek, Anda tidak hanya membutuhkan obat dan alat kesehatan, tapi juga peralatan penunjang, seperti AC, lemari, etalase, meja, kursi, dan lain-lain. Oleh karena itu, menyiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan juga menjadi salah satu cara buka apotek.

Melihat langkah-langkah di atas, ternyata membuka apotek memang membutuhkan usaha keras dan komitmen yang tinggi, ya. Belum lagi permasalahan izin yang terkadang membutuhkan waktu paling panjang. Namun, berbagai kesulitan ini dapat Anda minimalisir dengan franchise Apotek K-24.

Dengan sistem dari Apotek K-24 ini, cara buka apotek jadi lebih mudah karena Anda akan mendapatkan dukungan penuh mulai dari pembangunan sampai pengelolaan. Jadi, Anda tidak perlu takut untuk memulai bisnis apotek di Indonesia. Apabila Anda penasaran dengan penawaran Apotek K-24 ini, hubungi saja hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat