Apa itu Operasional Bisnis? Ini Komponen dan Fungsi Utamanya!

Apa itu Operasional Bisnis? Ini Komponen dan Fungsi Utamanya!

Apa itu Operasional Bisnis? Ini Komponen dan Fungsi Utamanya!

  • April 04, 2024

Bagi orang-orang yang sudah mendalami dunia bisnis mungkin sudah tidak asing dengan kata operasional bisnis. Namun, bagi Anda yang baru di dunia bisnis mendalami tentang apa itu operasional bisnis mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama. Operasional bisnis sendiri sangatlah penting karena berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari.

Dalam menjalankan usaha, profit merupakan hal yang menjadi tujuan semua pebisnis. Sebab, profit ini nantinya akan menghidupi banyak orang yang menjalankan bisnis di dalamnya. Oleh karenanya, kebanyakan pebisnis pasti berlomba-lomba dalam menyusun strategi operasional yang efisien dan menguntungkan.

Apa itu Operasional Bisnis?

Operasional bisnis sangat penting untuk diperhatikan karena bisa menentukan masa depan dari bisnis itu sendiri. Tanpa sistem operasional bisnis yang baik, maka usaha Anda tidak akan bisa berjalan lancar dan berkembang. Sebab, operasional bisnis ini ternyata menjadi pondasi utama pada sebuah bisnis.

Jika demikian, sebenarnya apa itu operasional bisnis?

Pada dasarnya, operasional bisnis sangat bertanggung jawab terhadap mutu dari produk/jasa yang ditawarkan dan biaya yang dibutuhkan suatu perusahaan. Sebab, operasional bisnis adalah sebuah upaya untuk mengatur dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya, mulai dari SDM, marketing, peralatan, biaya, dan bahan untuk menghasilkan suatu produk atau jasa.

Singkatnya, operasional bisnis ini mencakup prosedur, kebijakan, dan teknologi yang digunakan sebuah perusahaan untuk menjalankan kegiatan bisnis sehari-hari. Oleh karenanya, salah satu tujuan operasional bisnis adalah meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan agar dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Komponen Operasional Bisnis

Sayangnya, sampai sekarang ini masih banyak bisnis yang berakhir pada kegagalan karena operasional bisnisnya yang buruk. Sebab, apa itu operasional bisnis ini memiliki berbagai komponen penting yang perlu Anda ketahui sebelum menyusun strateginya. Apa saja komponen dari operasional bisnis? berikut penjelasannya:

  • Manajemen inventaris, untuk memastikan ketersediaan stok.

  • Pengelolaan produksi, yang melibatkan produksi, penjadwalan, dan pemantauan.

  • Sistem pengadaan bahan baku, yang mencakup pemilihan pemasok, negosiasi kontrak, hingga pemantauan kualitas bahan baku.

  • Sistem pengiriman dan distribusi kepada pelanggan.

  • Sumber Daya Manusia (SDM), yang mengatur perekrutan, pelatihan, pengembangan, penggajian, dan manajemen kinerja.

  • Pemasaran dan penjualan, yang bertujuan untuk mengenalkan produk/jasa pada masyarakat.

  • Keuangan dan akuntansi, yang mengelola pergerakan uang masuk dan keluar, mengatur anggaran, serta membuat proyeksi keuangan.

Fungsi dari Pelaksanaan Operasional Bisnis

Apa itu operasional bisnis merupakan inti dari setiap bisnis yang dilakukan sebuah perusahaan. Sebab, operasional bisnis ini sama dengan kegiatan sehari-hari perusahaan yang sudah terstruktur untuk meningkatkan efisiensi.

Dalam menyusun operasional bisnis sendiri memerlukan strategi yang cocok karena memiliki fungsi penting untuk keberlangsungan suatu bisnis. Berikut beberapa fungsi pelaksanaan operasional bisnis sehari-hari:

  • Pengelolaan sumber daya menjadi efektif dan sesuai dengan kebutuhan juga standar yang ada.

  • Proses produksi menjadi lebih optimal agar bisa meningkatkan produktivitas dan mengurangi pemborosan.

  • Keseimbangan persediaan terjaga sehingga cukup untuk memenuhi permintaan dan menghindari biaya penyimpanan yang berlebihan.

  • Memastikan kualitas produk/jasa tetap terjaga atau justru bisa meningkat.

Melihat penjelasan apa itu operasional bisnis di atas, mengatur operasional bisnis agaknya sangatlah penting. Sayangnya, tidak semua pebisnis bisa menyusun operasional bisnis dengan baik. Nah, kalau Anda merasa kesusahan dalam mengatur operasional, salah satu jalan keluarnya adalah dengan beralih pada bisnis franchise Apotek K-24.

Di mana franchise Apotek K-24 ini memungkinkan Anda untuk berbisnis dengan brand ternama yang sudah memiliki operasional bisnis yang terstruktur. Ingin berbisnis tapi yang mudah? Hubungi saja hotline franchise Apotek K-24 saja di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat