Apa yang Dimaksud dengan Kegiatan Ekonomi? Temukan Jawabannya!

Apa yang Dimaksud dengan Kegiatan Ekonomi? Temukan Jawabannya!

Apa yang Dimaksud dengan Kegiatan Ekonomi? Temukan Jawabannya!

  • May 24, 2023

Berwaralaba dengan Apotek K-24 ternyata termasuk dalam kegiatan ekonomi yang baik dan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Bahkan, dalam perjalanannya, bisnis franchise ini memberikan kontribusi yang besar pada pertumbuhan ekonomi melalui kegiatan ekonominya. Jika demikian, apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi?

Perekonomian suatu negara sangat bergantung pada kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakatnya. Semakin tinggi kegiatan ekonomi masyarakat, maka tingkat produktivitas pun akan meningkat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu ciri-ciri pertumbuhan ekonomi adalah meningkatnya produktivitas dan menurunnya tingkat pengangguran.

Apa yang Dimaksud dengan Kegiatan Ekonomi?

Pada dasarnya, kegiatan ekonomi adalah tindakan atau perilaku yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tentu saja kegiatan tersebut didasari dengan prinsip-prinsip ekonomi. Sadar atau tidak, hampir semua aktivitas Anda pasti tidak lepas dari kegiatan ekonomi.

Contohnya saja Anda datang ke kantor untuk mengerjakan sesuatu saja termasuk kegiatan ekonomi. Sebab, pada kasus tersebut Anda sedang menukarkan pekerjaan dengan gaji yang nantinya akan diterima. Artinya, kegiatan ekonomi ini tidak lepas dari kehidupan kita sehari-hari.

Bahkan, sebelum ada mata uang untuk alat pembayaran saja, manusia sudah melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal ini mempermudah dalam menemukan kegiatan ekonomi karena Anda tinggal melihat ke sekitar Anda.

Jenis Kegiatan Ekonomi

Secara umum, apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi ini bisa Anda kategorikan dalam 3 bentuk tindakan. Kegiatan-kegiatan ini sangat umum dan sering Anda temui di antara masyarakat umum. Apa saja jenis kegiatan ekonomi yang dimaksud ini? Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Produksi, sebuah kegiatan untuk menghasilkan barang/jasa yang dibutuhkan masyarakat. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh sebuah pabrik, pengrajin, industri, dan lain sebagainya.

  • Distribusi, sebuah kegiatan untuk menyalurkan barang/jasa dari produsen ke pihak konsumen. Kegiatan ini berupa membeli barang-barang dari produsen yang kemudian dijual kembali pada konsumen. Ada tiga bentuk distribusi, yaitu pedagang besar (grosir), pedagang kecil (retail), dan perantara.

  • Konsumsi, sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menghabiskan nilai guna dari barang/jasa. Kegiatan yang satu ini dilakukan oleh semua orang tiap hari, seperti membeli makanan, menggunakan obat, menggunakan kuota internet, dan lain sebagainya.

Contoh Kegiatan Ekonomi

Apa Anda tahu dengan menggunakan usaha waralaba Apotek K-24 ternyata Anda telah melakukan kegiatan ekonomi sebagai pebisnis. Tidak hanya melakukan kegiatan ekonomi, tapi Anda juga berpartisipasi aktif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Contoh kegiatan ekonomi yang Anda lakukan melalui waralaba Apotek K-24 ini adalah membeli merek dagang Apotek K-24 untuk menjalankan usaha Anda. Setelah semua keperluan terpenuhi dan gerai Apotek K-24 jadi, maka Anda akan melakukan kegiatan ekonomi lainnya.

Dengan gerai Apotek K-24, Anda akan mendistribusikan obat dan alat kesehatan dari produsen ke konsumen. Selain itu, nantinya Anda perlu untuk membayar gaji karyawan, melayani konsumen yang datang ke gerai, dan lain-lain.

Melalui kegiatan-kegiatan ekonomi yang produktif inilah, waralaba Apotek K-24 dapat mendukung pertumbuhan ekonomi. Tunggu apalagi, langsung saja hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendukung pertumbuhan ekonomi negara. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Demikian ulasan mengenai apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan.  

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat