Apa itu Brand? Apakah Penting dalam Bisnis Franchise?

Apa itu Brand? Apakah Penting dalam Bisnis Franchise?

Apa itu Brand? Apakah Penting dalam Bisnis Franchise?

  • Jun 21, 2023

Brand adalah salah satu istilah penting yang sering muncul ketika Anda mulai masuk di dunia usaha dan bisnis. Kendati demikian, orang awam pun juga sering mendengar istilah brand atau merek. Sebab, brand ini sangat sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Tidak hanya ditemui, bahkan mungkin Anda sedang memakai brand, mulai dari pakaian hingga makanan. Lalu apa itu brand?

Ketika mendengar kata “brand” mungkin Anda langsung berpikiran sebuah merek dari produk yang biasa Anda beli sehari-hari. Selain itu, brand juga sering dikaitkan dengan hal-hal yang menggambarkan produk, seperti warna, logo, simbol, kalimat, dan lain sebagainya. Pengertian ini memang wajar jika berbeda-beda karena perkembangan dunia bisnis yang sangat pesat.

Apa itu Brand?

Menurut KBBI, brand atau merek adalah tanda yang digunakan oleh pengusaha pada barang yang dihasilkan sebagai tanda pengenal. Selain itu, laman Forbes juga mengatakan kalau brand merupakan nama yang diberikan untuk suatu produk atau layanan.

Hal tersebut perlu dilakukan sedemikian rupa supaya produk atau layanan Anda memiliki identitas sendiri dan mudah untuk dikenali. Istilah brand ini sebenarnya sudah muncul sejak abad 18-an, ketika para peternak mulai menggunakan cap untuk menunjukkan hewan mana yang merupakan milik mereka.

Lalu mulai pada awal abad ke-19 lah para produsen mulai menggunakan tanda-tanda pada produk mereka sebagai sumber identitasnya. Seiring berkembangnya zaman, pelaku-pelaku usaha pun mulai memahami bahwa banyak persepsi tentang produk dari nama yang mereka ambil di mata masyarakat.

Hingga akhirnya kini pelaku bisnis pun sudah sadar bahwa persepsi khusus (brand) di benak pelanggan bisa diciptakan sendiri. Oleh karena itu, kini mulai hadir berbagai cara atau strategi untuk meningkatkan brand atau branding.

Elemen Branding

Melalui penjelasan di atas, pertanyaan apa itu brand sudah terjawab, di mana brand merupakan identitas dan persepsi yang dibentuk oleh para produsen pada produk atau layanan mereka. Dalam pembentukan persepsi ini tentu Anda perlu memperhatikan elemen-elemen yang ada dalam brand.

Berikut adalah beberapa elemen brand yang penting diketahui:

Brand Identity

Brand identity merupakan elemen-elemen yang sengaja diciptakan pada sebuah produk atau layanan oleh perusahaan agar terlihat berbeda dari kompetitor sehingga dapat memunculkan kesan khusus. Ada beberapa indikator yang biasanya ada pada brand identity, yaitu logo, warna, tipografi, desain, dan lain-lain.

Brand Awareness

Brand awareness adalah sebuah kemampuan masyarakat atau pelanggan dalam mengenali sebuah produk lewat logo, warna, tulisan, dan lain sebagainya. Singkatnya, brand awareness atau kesadaran merek ini merupakan sejauh mana produk Anda dikenal oleh masyarakat luas.

Brand Positioning

Apa itu brand positioning? brand positioning adalah proses di mana perusahaan berusaha untuk memposisikan brand mereka di benak masyarakat. Langkah ini digunakan untuk membedakan brand Anda dari bisnis sejenis atau kompetitor yang ada.

Brand Image

Pada umumnya, brand image adalah kesan masyarakat terhadap brand yang Anda hadirkan. Impresi ini tentu hadir dari popularitas secara umum dan juga pengalaman serta interaksi masyarakat dengan brand Anda.

Brand Activation

Secara singkat, brand activation adalah sebuah aktivitas untuk mempromosikan merek dengan cara berinteraksi. Selain menarik perhatian masyarakat, kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan merek dengan penggunanya melalui pengalaman nyata.

Sebenarnya masih ada elemen brand yang lainnya, seperti brand compass, brand personality, brand promise, dan lain sebagainya. Banyaknya elemen yang penting membuat keberadaan brand dalam dunia bisnis ini sangatlah penting.

Hal inilah yang membuat keberadaan brand dalam bisnis franchise sangat diperhitungkan. Sebab, dalam bisnis franchise, nama merek atau brand dan sistem bisnisnya lah yang digunakan dalam transaksi. Seperti halnya brand Apotek K-24 yang berkembang dengan cara franchise.

Artinya, Anda bisa menggunakan nama Apotek k-24 sebagai bisnis utama Anda. Tentu saja Anda harus menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis dengan merek besar.  Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat