Pentingnya Brand Awareness dalam Berbisnis, Jangan Lewatkan!

Pentingnya Brand Awareness dalam Berbisnis, Jangan Lewatkan!

Pentingnya Brand Awareness dalam Berbisnis, Jangan Lewatkan!

  • Jun 12, 2023

Penghargaan Top Brand 2023 yang didapat Apotek K-24 minggu lalu tentu berkat beberapa faktor penting, salah satunya brand awareness. Mungkin Anda sudah sering mendengar kata brand awareness dalam sebuah produk, jasa, atau perusahaan. Banyak orang mengatakan pentingnya brand awareness ini bisa mempengaruhi penjualan dan keberhasilan dari sebuah produk.

Oleh karenanya, banyak pengusaha yang sangat mengedepankan perluasan brand awareness pada masyarakat. Namun, proses tersebut ternyata membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit. Bahkan, saking lama prosesnya, banyak pengusaha yang menyerah dan tidak sabar dalam membangun brand awareness ini. Selain itu, banyak juga yang salah kaprah ketika mendahulukan antara iklan penjualan atau brand awareness.

Pentingnya Brand Awareness dalam Bisnis

Brand awareness adalah sebuah kemampuan dari masyarakat atau konsumen dalam mengenali sebuah produk lewat logo, warna, tulisan, dan lain sebagainya. Singkatnya, brand awareness atau kesadaran merek ini merupakan sejauh mana produk Anda dikenal oleh masyarakat luas.

Kesadaran tersebut sangatlah penting karena dapat menjadi alasan di balik orang-orang memutuskan untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk. Sejatinya, brand awareness terdiri dari brand recognition dan brand recall.

Artinya, brand awareness ini menunjukkan sulit atau mudahnya masyarakat dalam memulihkan ingatan tentang merek dengan benar walau hanya diberi beberapa petunjuk. Berikut adalah beberapa manfaat dari kesadaran merek yang perlu diketahui.

Menimbulkan Rasa Suka (Familiar)

Pentingnya brand awareness adalah dapat menciptakan rasa suka yang kemudian diikuti dengan rasa familiar. Ketika brand awareness sudah tinggi, maka masyarakat akan merasa sangat akrab dengan merek yang bersangkutan.

Misalnya saja ketika Anda di kota tempat Anda tinggal lebih suka membeli obat di Apotek K-24. Lalu waktu Anda harus pergi ke luar kota dan membutuhkan obat, maka Anda akan berusaha mencari Apotek K-24 yang ada di kota tersebut.

Meningkatkan Brand Image

Brand image yang dijelaskan sebelumnya ternyata sangat berbeda dengan brand awareness. Jika brand awareness berbicara tentang kemampuan masyarakat dalam mengenal, maka brand image berupa kesan atau perasaan masyarakat terhadap merek tersebut.

Oleh karena itu, dengan membangun brand awareness, Anda bisa meningkatkan citra merek dari produk Anda. Namun, keduanya tidak boleh dipisahkan, ya. Sebab, dengan citra merek yang baik, maka kesadaran merek juga akan bertahan lama.

Menjadi Top of Mind

Pentingnya brand awareness yang selanjutnya adalah bisa membuat produk atau bisnis Anda menjadi top of minds. Hal tersebut terjadi ketika merek Anda disebutkan pertama kali oleh pelanggan ketika ditanya mengenai jenis produk Anda.

Saat brand Anda menjadi top of mind, maka merek tersebut akan selalu masuk dalam pertimbangan masyarakat untuk memutuskan pembelian. Umumnya, brand yang berada di top of mind akan memiliki nilai pertimbangan yang sangat tinggi, baik karena popularitas, kualitas, atau lain sebagainya.

Kondisi tersebut tentunya akan meningkatkan jumlah penjualan produk Anda dan penghasilan secara keseluruhan.

Nah, itu dia beberapa alasan mengapa Anda perlu membangun brand awareness yang baik untuk produk Anda. Namun, apabila Anda masih bingung dalam membangun dan meningkatkan brand awareness, Anda bisa menggunakan bisnis dengan sistem waralaba.

Waralaba atau franchise merupakan usaha di mana pemilik merek bisa memberikan izin kepada pembeli untuk menggunakan merek mereka dalam berbisnis. Daya tarik dari bisnis franchise adalah brand yang sudah terkenal sehingga Anda tidak perlu repot dalam membangun brand awareness.

Contohnya Anda bisa menggunakan waralaba Apotek K-24 dengan menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk membuka gerai dengan brand lokal. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat