Apakah Orang Biasa Bisa Buka Apotek? Cek Faktanya!

Apakah Orang Biasa Bisa Buka Apotek? Cek Faktanya!

Apakah Orang Biasa Bisa Buka Apotek? Cek Faktanya!

  • Oct 12, 2023

Apotek memang terkenal dengan sebuah bisnis yang memperjualbelikan obat (produk farmasi), alat-alat kesehatan, dan produk kesehatan lainnya. Jika dilihat, sebagian besar produk di apotek ini bersifat kimia dan masih masuk dalam bidang kesehatan. Hal ini membuat banyak pertanyaan, seperti apakah orang biasa bisa buka apotek atau hanya orang-orang yang sudah konsen di bidang kesehatan saja?

Membuka sebuah bisnis dan mengelolanya hingga sukses memang menjadi impian semua orang. Sebab, dengan membuka sebuah bisnis, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, tentu saja untuk membuka bisnis ini banyak sekali keperluan yang harus diurus. Mulai dari lokasi bisnis, stok awal, pendirian gerai, dan lain sebagainya.

Perkembangan Industri Farmasi di Indonesia

Sebelum membahas apakah orang biasa bisa buka apotek lebih lanjut, mari lihat dulu perkembangan bisnis apotek di Indonesia. Salah satu contoh bisnis yang dari dulu terus berkembangan adalah bisnis apotek.

Bahkan, setelah pandemi COVID-19 pun perkembangan bisnis apotek tetap berjalan pesat. Hal ini karena kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap kesehatan juga terus meningkat. Menurut sebuah studi, perkembangan industri farmasi di Indonesia ini paling cepat tumbuh di antara negara-negara di Asia Tenggara.

Pada tahun 2021 sendiri, nilai industri farmasi di Indonesia bisa mencapai 84 triliun. Hal ini karena dua alasan, yaitu inovasi produk farmasi yang tiada henti dan juga biaya operasional yang terbilang murah.

Apakah Orang Biasa Bisa Buka Apotek?

Hal tersebut tentu membuat peluang bisnis apotek di Indonesia terus terbuka luas dan tidak boleh ditinggalkan. Banyak orang mengira karena apotek adalah salah satu industri farmasi, maka orang yang bisa membuka bisnis juga harus orang dari bidang farmasi.

Lalu apakah orang biasa bisa buka apotek?

Membuka bisnis apotek ternyata bisa dilakukan siapa saja, meskipun Anda bukan dari bidang farmasi atau kesehatan lainnya sekalipun. Nantinya Anda akan menempati posisi sebagai PSA atau Pemilik Sarana Apotek.

PSA adalah pemilik modal dari apotek yang terdiri dari bangunan, perlengkapan, dan juga perbekalan kesehatan di bidang farmasi. Jika Anda bukan lulusan farmasi atau seorang apoteker, maka Anda perlu bekerja sama dengan apoteker dalam mengurus bisnis apotek.

Sebab, melakukan pelayanan kefarmasian di apotek adalah peran apoteker yang hanya bisa dilakukan oleh mereka. Jadi, bagi Anda yang bukan lulusan farmasi tapi ingin buka apotek, boleh-boleh saja dan disarankan karena memiliki peluang besar.

Kadang kala karena buka bidangnya, Anda mungkin akan merasa bingung dalam merencanakan dan mengelola apotek. Nah, maka dari itu franchise Apotek K-24 hadir di tengah-tengah masyarakat. Anda bisa memanfaatkan franchise ini jika ingin membuka bisnis apotek.

Sebab, dengan menjadi franchisee dari Apotek K-24, Anda nantinya akan dibantu secara penuh dalam membangun dan mengelola bisnis apotek. Jadi, Anda tidak usah bingung-bingung mengurusnya. Segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang sudah dipercaya banyak orang. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat