Apa yang Dimaksud dengan Waralaba? Simak Jawabannya!

Apa yang Dimaksud dengan Waralaba? Simak Jawabannya!

  • Feb 21, 2023

Dewasa ini, bisnis dalam bentuk waralaba memang sedang berkembang pesat, apalagi dalam bidang makanan. Padahal sistem dari waralaba ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, tetapi masyarakat baru mulai mengenalnya. Jika demikian, apa yang dimaksud dengan waralaba dan bagaimana perkembangannya?

Banyak yang mengatakan bahwa bisnis dalam bentuk waralaba ini sangat menguntungkan dan mudah dijalankan. Oleh karena itu, beberapa keunggulan dari bisnis waralaba memiliki daya tarik tersendiri dan menarik banyak perhatian. Sebelum itu, mari kita pahami seluk beluk dari waralaba atau sering dikenal juga dengan franchise.

Apa yang Dimaksud dengan Waralaba?

Secara umum, waralaba terdiri dari kata “wara” yang berarti istimewa dan “laba” yang memiliki arti untung. Jadi waralaba sendiri berarti sebuah usaha yang memberikan keuntungan yang istimewa. Namun, menurut dasar hukumnya, Peraturan Pemerintah RI Nomor 42 Tahun 2007 tentang waralaba mendefinisikan waralaba sebagai:

“Hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba”.

Istilah waralaba ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh Pendidikan dan Pembinaan (LPPM) di Jakarta. Kendati demikian, masih banyak pelaku bisnis yang lebih suka menggunakan istilah asli dari waralaba, yaitu franchise.

Franchise sendiri berasal dari bahasa Prancis, “franchir” yang artinya adalah memberi kebebasan kepada para pihak.

Pada dasarnya, waralaba adalah sebuah bisnis dalam bentuk pemberian lisensi dari satu pihak ke pihak lainnya. Namun, lisensi ini menekankan pada kewajiban untuk menggunakan sistem, tata cara, strategi pemasaran & penjualan, dan metode yang telah ditentukan oleh pemberi waralaba secara eksklusif.

Selain itu, pemakai lisensi tidak boleh melanggar aturan atau perjanjian yang telah dibuat oleh pihak pemberi. Artinya, penerima waralaba tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan lainnya yang mungkin menimbulkan persaingan mdnggunakan kegiatan usaha waralaba.

Perkembangan Waralaba

Itulah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan waralaba. Perkembangan dari waralaba atau franchise sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 1840 dan berkembang di Jerman. Dulunya dikenal dengan hak khusus untuk menjual minuman dan makanan.

Setelah itu, pada tahun 1951 bisnis franchise berkembang pesat di Amerika dengan perusahaan mesin jahit sebagai pelopornya. Franchise pun cepat sekali menjadi model bisnis yang dominan di Amerika.

Bahkan menurut The International Franchise Association, franchise bisa menyerap tenaga kerja sebanyak 8 juta orang. Sedangkan di Indonesia, penjualan secara waralaba ini mulai dikembangkan oleh Pertamina dengan Stasiun Pompa Bensin Umum (SPBU).

Setelah itu, banyak sekali franchise asing yang masuk ke Indonesia melihat perkembangannya yang pesat. Pemerintah Indonesia pun tertarik untuk mengembangkan waralaba karena bentuk bisnisnya yang menarik dan menguntungkan.

Oleh karena itu, bersama dengan ILO (International Labour Organization) pemerintah Indonesia berhasil membentuk Franchise Resource Center dan AFI (Asosiasi Franchise Indonesia). Tujuan dari Franchise Resource Center adalah mengubah berbagai usaha di Indonesia menjadi franchise dan mensosialisasikannya ke masyarakat luas.

Sedangkan AFI bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas serta inovasi teknologi dan informasi.

Apotek K-24 sebagai Contoh Waralaba di Indonesia

Melalui perkembangan sistem waralaba, banyak usaha dari pengusaha kecil dapat berkembang. Salah satu contohnya adalah apoteknya Indonesia, Apotek K-24, yang sudah sejak 2005 mulai diwaralabakan.

Apotek K-24 adalah apotek asli Indonesia yang memiliki arti Komplit obatnya dan buka selama 24 jam non stop. Melalui waralaba Apotek K-24 ini Anda dapat melayani masyarakat dengan memberikan kemudahan akses terhadap obat dan alat kesehatan.

Sama dengan franchise sukses lainnya, Apotek K-24 ini juga berkembang dengan pesat dan dapat memberikan keuntungan yang berkepanjangan. Sebab, kini bidang kesehatan, khususnya obat, sudah masuk ke dalam kebutuhan primer masyarakat.

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis franchise bersama Apotek K-24, segera hubungi Hotline waralaba: 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 karena masih ada promo menarik dari waralaba apotek.

Demikian ulasan mengenai apa yang dimaksud dengan waralaba, semoga bisa menjawab rasa penasaran Anda.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat