5 Ide Bisnis Pensiunan untuk Menambah Nafkah dan Mengisi Waktu

5 Ide Bisnis Pensiunan untuk Menambah Nafkah dan Mengisi Waktu

5 Ide Bisnis Pensiunan untuk Menambah Nafkah dan Mengisi Waktu

  • May 06, 2024

Masa pensiunan mungkin menjadi salah satu masa yang membahagiakan bagi sebagian orang karena bisa terbebas dari beban pekerjaan. Sayangnya, tanpa persiapan yang baik, masa pensiun Anda bisa lebih berat karena Anda tidak mendapatkan gaji sebanyak yang biasanya. Nah, salah satu kuncinya adalah dengan membuka salah satu ide bisnis pensiunan yang bisa dilakukan kapan saja.

Kadang kala pensiun ditunggu-tunggu banyak orang karena kebebasannya. Namun, pensiun juga bisa menjadi masa yang membosankan karena tidak ada aktivitas rutin lagi. Nah, bagi Anda yang masih memiliki kesehatan dan energi penuh, masa pensiun ini bisa menjadi momen Anda untuk mengurus bisnis, lho. Dengan berbisnis, Anda bisa mendapatkan pendapatan lebih selain mengisi waktu kosong.

Ide Bisnis Pensiunan

Menikmati masa pensiun tidak harus selalu diisi bersantai-santai dengan berliburan atau tiduran di rumah. Anda juga bisa melalui masa pensiun dengan cara-cara yang lebih produktif, yaitu membangun bisnis untuk menambah pendapatan agar kondisi keuangan tetap terjaga.

Nah, dalam membangun bisnis ini ada beberapa ide menarik yang bisa Anda lakukan, lho, contohnya:

Penyewaan Aset

Bagi Anda yang memiliki banyak aset saat pensiun berlangsung, hal ini bisa Anda manfaatkan dengan baik. Sayang sekali kalau Anda memiliki aset berharga tapi hanya didiamkan saja karena bisa menjadi salah satu ide bisnis pensiunan.

Jadi, kalau Anda memiliki rumah, kendaraan, bangunan, alat dekorasi, atau peralatan teknologi, disarankan untuk membuka sewa pada orang yang membutuhkan. Selain aset tidak menganggur, bisnis ini juga bisa menghasilkan pendapatan yang cukup banyak karena orang-orang sangat membutuhkannya.

Warung Sembako

Ide selanjutnya untuk membuka bisnis saat pensiun adalah warung sembako, yang biasanya menjual beras, minyak, telur, gula, dan kebutuhan pokok sehari-hari lainnya. Membuka warung sembako di rumah bisa menjadi keuntungan tersendiri karena bisa dikelola dengan mudah. Namun, Anda tetap harus mempersiapkan usaha dengan matang, ya, agar warung bisa berjalan lancar dan ramai konsumen.

Toko

Membangun sebuah toko bisa menjadi ide bisnis pensiunan. Namun, dalam membuka toko ini Anda perlu lebih spesifik lagi jenisnya, misalnya toko baju, toko alat tulis, toko kelontong, toko alat listrik, toko bangunan, dan lain sebagainya.

Hal ini agar bisa mudah dikenali oleh orang-orang dan diingat sehingga konsumen lama-lama bisa menjadi pelanggan Anda. Selain itu, usaha toko bisa Anda lakukan di rumah sendiri atau dengan menyewa bangunan yang dekat dengan keramaian. Usaha ini juga biasanya tidak membutuhkan modal yang cukup besar.

Bisnis Kontrakan atau Kos

Dewasa ini, banyak orang yang kesulitan untuk membangun rumah sendiri karena biayanya yang cukup besar. Oleh karena itu, mereka memilih untuk tinggal di kontrakan atau kosan terlebih dahulu sebelum membeli rumah. Nah, jika Anda memiliki rumah yang tidak digunakan, Anda bisa membuka bisnis kontrakan. Bisnis ini menjadi sumber passive income karena Anda tidak perlu bergerak tinggal menikmati penghasilannya saja.

Bisnis Franchise

Ide bisnis pensiunan yang selanjutnya adalah bisnis menggunakan franchise dengan merek yang sudah terkenal. Bisnis franchise kini tidak kalah menarik perhatian karena membuat Anda lebih mudah dalam membangun dan mengelola bisnis.

Franchise terbilang bisnis yang mudah digunakan karena memiliki nama merek yang sudah besar dan kelompok konsumen tertentu. Selain itu, kini sudah banyak jenis bisnis franchise yang ada di tengah-tengah masyarakat, seperti franchise apotek, minimarket, laundry, makanan, minuman, dan lain-lain.

Anda bisa memilih jenis franchise yang diinginkan tapi sesuaikan dengan analisis pasar Anda, ya. Melihat penjelasan di atas, franchise Apotek K-24 agaknya bisa menjadi salah satu ide bisnis pensiunan yang cocok untuk Anda.

Selain berangkat dari kebutuhan masyarakat akan kesehatan, Apotek K-24 juga sudah memiliki nama yang dipercaya banyak orang. Ingin berbisnis bersama Apotek K-24? Langsung hubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat