Tips Administrasi Apotek Apa Saja agar Pelayanan Berjalan Lancar?

Tips Administrasi Apotek Apa Saja agar Pelayanan Berjalan Lancar?

Tips Administrasi Apotek Apa Saja agar Pelayanan Berjalan Lancar?

  • Jun 03, 2024

Pengurusan administrasi apotek terkadang membutuhkan usaha yang cukup keras karena banyak dokumen yang dikelola. Jadi, tak heran kalau masih banyak pihak yang melakukan kesalahan ketika mengurus bagian administrasi apotek. Sebab, administrasi ini biasanya membutuhkan ketelitian yang tinggi. Jika demikian, tips untuk mengurus administrasi apotek apa saja ya kira-kira?

Sebagai pebisnis di bidang apotek, Anda tentu tidak akan terhindar dari urusan administrasi yang menjadi dasar dari pergerakan bisnis. Tanpa pengelolaan administrasi yang tepat, bisnis apotek Anda tidak akan bisa berjalan lancar. Apalagi mengingat produk utama dari apotek adalah barang-barang yang rentang mengalami kerusakan, seperti obat, alat kesehatan, vitamin, dan lain sebagainya.

Tips Administrasi Apotek Apa Saja agar Berjalan lancar?

Pekerjaan administrasi memang membutuhkan proses yang cermat (thorough). Padahal, Anda juga tetap dituntut untuk memberikan pelayanan kefarmasian yang maksimal kepada konsumen. Oleh karena itu, hal ini membuat Anda perlu memiliki strategi yang baik ketika mengelola apotek.

Lalu bagaimana ya melakukan pekerjaan administrasi apotek agar bisa dilakukan dengan mudah dan simple di samping harus menjalankan pelayanan? Berikut beberapa tips dan triknya:

Perencanaan Pengadaan Obat

Dalam perencanaan pengadaan obat bisa dilakukan secara manual atau memanfaatkan sistem informasi. Oleh karena itu, jawaban tips administrasi apotek apa saja yang pertama adalah dengan membuat software khusus untuk mengurus pengadaan barang.

Ini bertujuan agar Anda tidak perlu menarik data dari catatan pembelian dan memasukkannya secara manual. Ingat ya, pengadaan obat ini sangat penting agar apotek Anda tidak mengalami stok kosong dan mempengaruhi image.

Penerimaan Obat

Proses penerimaan obat terkadang bisa dilakukan kapan saja, tapi berbeda keadaan kalau pengantar obat datang ketika pegawai Anda sedang sibuk melayani konsumen. Hal ini tentu dapat menunda proses penginputan faktur sehingga dapat mengacaukan pencatatan stok.

Oleh karena itu, Anda perlu memiliki software yang bisa mengurus penerimaan barang yang lebih smart. Penggunaan teknologi dapat meminimalisir kekeliruan dalam pengadaan barang, lho karena seluruh datanya akan terupdate secara otomatis.

Penyimpanan Stok Barang

Tips administrasi apotek apa saja yang selanjutnya? Tips selanjutnya datang dari proses penyimpanan barang di apotek. Dalam penyimpanan dan pengeluaran stok, Anda harus menggunakan metode FEFO (First Expired First Out). Oleh karena itu, pegawai harus memperhatikan dengan pasti ED masing-masing barang.

Nah, daripada Anda kesulitan dalam mengawasi tanggal setiap barang, lebih baik serahkan pada sistem informasi yang mengawasi apotek. Dengan memasukkan kartu stok dalam software, maka sistem tersebut nantinya bisa memberikan pemberitahuan atau alarm terkait ED produk.

Stock Opname untuk Bahan Evaluasi

Stock opname merupakan kunci dalam keberhasilan stok obat untuk memenuhi permintaan masyarakat dan menjadi jawaban dari tips administrasi apotek apa saja selanjutnya. Banyak orang yang merasa malas dalam melakukan proses stock opname karena terbilang merepotkan.

Padahal, semakin sering melakukan stock opname, maka pencatatan stok akan semakin akurat yang nantinya akan membuat bisnis apotek semakin cuan. Nah, untuk mempermudah proses stock opname ini, Anda bisa mengembangkan software tersendiri.

Melihat penjelasan di atas, kunci dalam tips administrasi apotek apa saja adalah mengembangkan software yang bisa membantu tugas dalam mengelola stok obat. Nah, kalau Anda tidak mampu dalam mengembangkan software, Anda bisa beralih dengan franchise Apotek K-24, lho.

Sebab, Apotek K-24 sudah memiliki software khusus yang membantu administrasi apotek sehari-hari. Selain itu, ada tim IT yang siap untuk melakukan pemeliharaan agar software selalu berjalan dengan baik.

Penasaran untuk berbisnis bersama Apotek K-24? Langsung hubungi hotline franchise Apotek K-24 saja di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat