Faktor Pertimbangan Lokasi Usaha yang Kudu Diutamakan

Faktor Pertimbangan Lokasi Usaha yang Kudu Diutamakan

Faktor Pertimbangan Lokasi Usaha yang Kudu Diutamakan

  • Jul 02, 2024

Pemilihan lokasi bisnis memang harus dipertimbangkan dengan serius karena nantinya dapat mempengaruhi jalannya bisnis. Sayangnya, masih banyak orang yang terkadang melalaikan faktor pertimbangan lokasi usaha yang seharusnya jadi perencanaan sejak awal. Jika demikian, sebenarnya apa saja hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih lokasi bisnis?

Ketika Anda memulai bisnis, memilih lokasi adalah hal yang harus dilakukan sejak awal. Namun, dalam memilih lokasi ini, Anda perlu melakukan analisis yang tepat agar sesuai dengan kenyataan. Sebab, semakin strategis lokasi bisnis, maka keuntungan yang akan didapatkan juga akan semakin tinggi. Berbeda kalau lokasinya tidak strategis, maka Anda hanya akan mendapatkan kerugian.

Faktor Pertimbangan Lokasi Usaha Franchise

Selain untuk meningkatkan jumlah keuntungan, memilih lokasi bisnis yang tepat juga dapat menjadi cara untuk mengantisipasi kompetitor yang bisa muncul kapan saja. Nah, dalam mempertimbangkannya ini, Anda tentu membutuhkan strategi lokasi, ya.

Oh iya, pemilihan lokasi ini tidak hanya untuk bisnis mandiri saja, lho tapi juga bisnis dengan franchise. Oleh karena itu, berikut beberapa faktor pertimbangan lokasi usaha franchise yang benar-benar harus dipikirkan:

Kemudahan Akses

Bisnis yang mudah diakses oleh konsumen pastinya akan membuat konsumen lebih mudah untuk mendatanginya. Semakin mudah lokasi bisnis diakses, maka semakin suka juga konsumen untuk datang. Jadi, Anda perlu mencari lokasi yang bisa berada di tengah-tengah antara rumah penduduk dan pusat keramaian.

Lokasi Mudah Terlihat

Selain aksesnya yang mudah, Anda juga harus mencari tempat yang mudah untuk dilihat oleh banyak orang, baik dengan jarak yang dekat atau dalam jarak jauh sekaligus. Sebab, ketika mudah terlihat, maka konsumen akan lebih mudah dalam mencarinya dan tidak perlu kebingungan. Jadi, buat gerai bisnis semenarik mungkin, ya, agar bisa menarik perhatian banyak orang.

Ada Lahan Parkir

Faktor pertimbangan lokasi usaha franchise yang selanjutnya adalah melihat lahan sisa untuk parkir. Jika Anda menemukan lokasi strategis tapi tanpa lahan parkir, maka pengunjung akan malas untuk mendatanginya.

Lahan parkir ini sangat penting mengingat masyarakat Indonesia sangat suka untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk mendatangi satu tempat ke tempat lainnya. Tanpa adanya lahan parkir, pengunjung akan kebingungan untuk menaruh kendaraannya.

Jumlah Traffic, Kendaraan, dan Penduduk

Saat memilih lokasi usaha, Anda juga perlu melihat bagaimana traffic di sekitar lingkungan. Apakah lokasi tersebut banyak dilewati orang-orang jalan, kendaraan umum, atau kendaraan pribadi. Semakin ramai traffic, maka semakin banyak juga jumlah konsumen potensial yang mungkin datang. Sayangnya, Anda perlu memastikan lokasi mudah diakses kendaraan apa saja, ya.

Jumlah Potensial Konsumen

Banyaknya jumlah konsumen potensial menjadi faktor pertimbangan lokasi usaha yang selanjutnya. Umumnya, lokasi yang strategis akan disertai dengan banyaknya orang yang tinggal di sekitar lokasi tersebut. Oleh karena itu, sebelum benar-benar memilih lokasi, perhatikan jumlah penduduk di sekitar lokasi terlebih dahulu.

Keamanan Lingkungan

Tidak hanya memperhatikan jumlah penduduk dan aksesibilitas saja, sebagai pebisnis Anda juga perlu mempertimbangkan keamanan lingkungan sekitar. Dewasa ini, sedang marak-maraknya kriminalitas klitih, pembunuhan, dan lain-lain. Oleh karena itu, kalau Anda ingin membuka bisnis yang bisa buka 24 jam, nilai dulu apakah lokasi tersebut aman atau tidak, ya.

Oh iya, pencarian dan faktor pertimbangan lokasi usaha ini akan lebih mudah lagi kalau Anda mau berbisnis dengan franchise Apotek K-24, lho. Penasaran ingin merasakannya? Langsung hubungi hotline franchise Apotek K-24 saja di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat