Ingin Pensiun Bahagia dan Sejahtera? Mulai Bisnis Sejak Dini!

Ingin Pensiun Bahagia dan Sejahtera? Mulai Bisnis Sejak Dini!

Ingin Pensiun Bahagia dan Sejahtera? Mulai Bisnis Sejak Dini!

  • Jul 05, 2024

Memiliki masa pensiun bahagia dan sejahtera tentu menjadi harapan semua orang. Sebab, ini membuat tidak banyak pikiran ketika sudah di hari tua nanti. Sayangnya, kebanyakan orang masih bingung dalam merencanakan apa yang harus dilakukan ketika sudah mendekati masa pensiun. Akibatnya, banyak orang yang tidak siap ketika menghadapi pensiun saat sudah di depan mata.

Masa pensiun dianggap sebagai fase akhir dari perjalanan karier tapi juga fase baru dalam kehidupan seseorang. Nah, dalam mempersiapkannya ini nantinya akan mempengaruhi apakah Anda akan memiliki happy ending atau justru kesulitan di masa depan. Oleh karena itu, jangan sampai menyepelekan masa-masa mendekati pensiun ini, ya.

Cara agar Pensiun Bahagia dan Sejahtera

Ketika sudah melalui masa pensiun, hal yang perlu diingat adalah pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari tetaplah ada tanpa ada penurunan yang signifikan. Padahal, dana pensiun yang didapatkan setiap bulan juga biasanya tidak sebesar dengan penghasilan biasanya.

Inilah yang membuat persiapan pensiun perlu dilakukan dari jauh-jauh hari kalau ingin bahagia di masa tua nanti. Tanpa persiapan yang jelas, seorang pensiunan bisa menderita karena menghadapi masalah finansial. Oleh karena itu, berikut beberapa tips agar pensiun bahagia dan sejahtera:

Jaga Kesehatan

Memiliki kesehatan fisik dan psikis yang baik merupakan kunci utama agar Anda bisa hidup bahagia. Oleh karena itu, dari saat muda sebaiknya segera budayakan hidup sehat dengan berolahraga secara teratur, pola makan sehat dan bergizi seimbang, serta menjala pola tidur.

Selain itu, ada pepatah yang mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi tidak salah kalau Anda menjalankan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Contohnya dengan cek tensi darah, cek kolesterol, cek asam urat, atau cek gula darah dengan rutin di Apotek K-24.

Mulai Mempersiapkan Kebutuhan Dana Pensiun

Dana pensiun merupakan hal yang perlu diperhatikan dan dihitung dengan cermat-cermat. Selain dana yang didapatkan, kalau ingin masa pensiun bahagia dan sejahtera, Anda juga perlu menghitung kebutuhan yang harus ditanggung. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan dana darurat, ya.

Misalnya saja, Anda harus pensiun di usia 60 tahun sedangkan usia harapan hidup orang Indonesia itu mencapai 75 tahun. Artinya, Anda harus mempersiapkan dana untuk biaya hidup selama 15 tahun sisanya. Hati-hati, angka biaya untuk hidup ini tidaklah kecil, jadi banyak sekali yang harus dipersiapkan, bukan?

Ikuti Program Asuransi yang Ada

Selain tabungan, Anda juga perlu memikirkan beberapa risiko yang mungkin terjadi, seperti meninggal dunia sebelum masa pensiun. Apabila keadaan ini terjadi, maka keluarga yang ditinggalkan bisa kehilangan dana pensiun, lho. Nah, untuk melindungi hal tersebut, Anda bisa mengikuti program asuransi yang ada agar keluarga yang ditinggalkan bisa tetap mendapatkan hal yang sudah ditabung.

Mulai Menabung dengan Berbisnis

Cara agar masa pensiun bahagia dan sejahtera yang selanjutnya adalah dengan menyiapkan dana investasi jangka panjang, contohnya dengan memulai bisnis. Sebab, menjamin masa tua yang bahagia ini dibutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit.

Iya, Anda membutuhkan sumber dana selain dana pensiun dari perusahaan atau instansi yang bersifat jangka panjang. Oleh karena itu, selain bekerja, tidak ada salahnya kalau Anda menekuni instrumen investasi, seperti reksa dana, obligasi, atau bahkan bisnis.

Membangun sebuah bisnis memungkinkan Anda untuk memiliki sumber penghasilan lainnya. Bahkan, kalau bisnis yang Anda bangun terbukti berhasil, maka Anda bisa memiliki investasi jangka panjang. Selain itu, masa-masa pensiun nanti Anda tidak akan bosan karena memiliki kegiatan untuk mengurus bisnis.

Nah, kalau ingin masa pensiun bahagia dan sejahtera dengan cara berbisnis, Anda bisa memulainya dengan mudah. Contohnya dengan menghubungi hotline franchise Apotek K-24 saja di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat