5 Cara Mengembangkan Bisnis di Era Digital

5 Cara Mengembangkan Bisnis di Era Digital

5 Cara Mengembangkan Bisnis di Era Digital

  • Jul 15, 2024

Memasuki dunia digital memang membuat pekerjaan lebih mudah. Namun, berkembangnya teknologi yang berjalan pesat juga menyebabkan persaingan bisnis jadi lebih ketat. Ini karena banyak bermunculan pelaku bisnis baru dalam dunia bisnis. Nah, dalam menghadapinya tentu saja Anda perlu menyiapkan cara mengembangkan bisnis di era digital agar tidak ketinggalan.

Berkembangnya dunia digital menjadi salah satu peluang bagi para pelaku usaha, baik yang masih baru atau yang sudah lama berkecimpung. Sebab, teknologi digital membuat proses pemasaran dan pengenalan produk jadi lebih mudah dan luas. Bahkan, kini banyak pihak-pihak yang memberikan jasa untuk mengurus bisnis di dunia digital, lho, saking bermanfaatnya.

Cara Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Meskipun memberikan banyak manfaat dan bisa mempermudah dalam pengelolaan bisnis, dunia digital juga menciptakan persaingan bisnis baru yang lebih ketat. Oleh karena itu, kalau tidak siap dalam melawan dunia digital, Anda bisa ketinggalan dari pesaing lainnya, lho.

Nah, agar bisa beradaptasi dan menghadapi persaingan bisnis, ada beberapa cara mengembangkan bisnis yang bisa Anda lakukan, contohnya:

Rancang Strategi Bisnis yang Lebih Sustain

Langkah pertama dalam cara mengembangkan bisnis di era digital tentu saja dengan menyusun strategi bisnis agar bisa bertahan dalam waktu lama. Dalam menyusun strategi ini, Anda perlu memahami pasar dan juga product knowledge dari bisnis yang dijalankan. Oleh karena itu, penting sekali melakukan analisis pasar agar Anda bisa mengetahui keadaan yang sebenarnya.

Manfaatkan Media Sosial

Indonesia ternyata jadi negara dengan pengguna sosial media terbanyak, mulai dari Facebook, TikTok, X, Instagram, dan lain sebagainya. Nah, untuk mengarungi dunia digital ini, sangat disarankan untuk menggunakan media sosial.

Selain memiliki pengguna yang banyak, media sosial juga dapat menjangkau calon konsumen seluas-luasnya. Namun, sebelum menggunakannya, Anda perlu memahami bagaimana membuat konten, mengambil foto, mengedit video, hingga etika saat di media sosial.

Mengikuti Tren Digital

Cara mengembangkan bisnis di era digital yang selanjutnya adalah dengan mengikuti tren yang berkembang di dunia digital. Adanya perkembangan digital juga mengubah perilaku konsumen dan juga gaya hidup masyarakat (tren di masyarakat).

Dengan mengikuti tren yang berkembang ini nantinya dapat menjadi sumber ide untuk bisnis agar konsumen bisa tertarik. Dalam mengikuti tren ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti trending topic di twitter, Google Tren, dan alat lainnya.

Gunakan Teknologi Terkini

Menggunakan teknologi informasi dan digital menjadi suatu keharusan kalau Anda ingin menang dalam persaingan bisnis di dunia digital. Sebab, teknologi ini bisa meningkatkan efisiensi marketing sehingga bisnis pun bisa berkembang dengan cepat. Ada beberapa teknologi masa kini yang biasa digunakan, contohnya AI (artificial intelligence), big data analytic, dan lain sebagainya.

Selalu Dengarkan Konsumen dan Pelanggan

Salah satu kunci agar bisnis bisa sukses di masa digital dan jadi cara mengembangkan bisnis di era digital yang selanjutnya adalah selalu mendengarkan konsumen dan pelanggan. Kualitas produk/jasa memang penting, begitu pula dengan mendengarkan pelanggan.

Ketika Anda membuat konsumen dan pelanggan nyaman, maka mereka rela untuk datang lagi. Oleh karena itu, berikan ruang agar konsumen atau pelanggan bisa memberikan kritik dan saran. Melalui ini, Anda bisa mengembangkan pelayanan pada bisnis Anda. Oh iya, jangan lupa kalau di dunia digital, orang-orang sudah semakin mudah untuk memberikan kritik, jadi jangan disepelekan.

Dalam melakukan cara mengembangkan bisnis di era digital di atas, agaknya akan lebih mudah jika Anda memiliki bantuan lebih. Contohnya saja dengan bisnis franchise yang memberikan banyak dukungan, mulai dari perizinan, strategi marketing, IT, dan lain sebagainya.

Kalau penasaran bagaimana cara kerjanya, bisa langsung cek atau hubungi hotline franchise Apotek K-24 saja di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat