Apa Saja Pentingnya Brand Building bagi Perusahaan?

Apa Saja Pentingnya Brand Building bagi Perusahaan?

Apa Saja Pentingnya Brand Building bagi Perusahaan?

  • Jul 22, 2024

Pada bulan Juli 2024 ini, Apotek K-24 lagi-lagi mendapatkan penghargaan bergengsi Top Brand 2024 dalam kategori Apotek Paling Populer di Indonesia. Ini jadi sebuah pencapaian yang tak boleh diremehkan, ya, karena mengembangkan branding ini jadi proses yang panjang. Sebenarnya, apa saja pentingnya brand building bagi perusahaan untuk kebutuhan bisnis?

Faktanya, Apotek K-24 sudah memperoleh Top Brand Award 2024 secara berturut-turut sejak tahun 2011 lalu. Keberhasilan ini bisa menandakan bagaimana kuatnya nama “Apotek K-24” di mata masyarakat Indonesia. Selain itu, melalui penghargaan ini, Apotek K-24 menjadi salah satu solusi bagi masyarakat ketika mereka membutuhkan obat, susu, alat kesehatan, dan produk kesehatan lainnya.

Apa Saja Pentingnya Brand Building bagi Perusahaan?

Dalam mendapatkan Top Brand Award 2024, Apotek K-24 tentu melalui proses yang begitu panjang, salah satunya membangun brand. Seperti namanya, brand building adalah strategi dalam menciptakan kesadaran merek pada sebuah sebuah produk/jasa.

Pada sebuah bisnis baru, proses brand building ini penting karena menciptakan identitas dari produk pada pikiran masyarakat. Tujuan utamanya tentu saja agar bisa terlihat berbeda dari kompetitor lain di pasar sehingga mudah diingat oleh masyarakat. Nah, berikut jawaban dari apa saja pentingnya brand building bagi perusahaan:

Membangun Identitas Perusahaan

Tujuan dari membangun brand awareness adalah menciptakan identitas perusahaan yang cocok dengan apa yang sudah direncanakan. Semakin baik nama perusahaan yang Anda bangun, maka semakin tinggi juga kepercayaan masyarakat terhadap bisnis Anda. Jadi, sebisa mungkin ciptakan identitas yang sebaik mungkin, ya, agar masyarakat lebih mengenalnya dengan image yang positif.

Menciptakan Konsumen Loyal atau Pelanggan Tetap

Membuat konsumen menjadi pelanggan loyal ini bukan perkara mudah. Sebab, Anda perlu melakukan promosi promosi yang berlangsung terus-menerus lewat berbagai media, mulai dari baliho, TV, radio, hingga media sosial sekalipun. Namun, agar lebih menarik lagi, Anda perlu memastikan bahwa promosi yang dibuat itu menarik dan berbeda dengan kompetitor lainnya.

Senjata untuk Melawan Kompetitor

Menjadi senjata utama dalam menyaingi kompetitor lain jadi apa saja pentingnya brand building bagi perusahaan yang selanjutnya. Dalam meningkatkan daya saing produk/jasa, tentu Anda membutuhkan identitas brand yang cukup kuat, bukan? Tanpa adanya pengenalan brand, maka Anda akan kesulitan dalam mempromosikan produk/jasa.

Menentukan Target Pasar

Mebangun brand produk/jasa bisa membantu Anda dalam menentukan target pasar dengan mudah. Oleh karena itu, ketika menentukan target pasar ini, Anda harus fokus pada satu kelompok yang jelas, baik dari usia, jenis kelamin, profesi, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah agar brand mudah dikenal dan tepat sasaran sehingga banyak yang menjadi konsumen tetap.

Menarik Perhatian Investor

Apa saja pentingnya brand building bagi perusahaan yang selanjutnya? Jawabannya tentu saja untuk menarik perhatian investor atau penanam modal. Kalau dalam dunia franchise, hal ini bisa disamakan dengan calon franchisee yang ingin berbisnis menggunakan merek yang sudah terkenal.

Semakin terkenal sebuah brand, maka semakin besar juga kepercayaan masyarakat terhadap merek tersebut. Artinya, kesempatan untuk mendapatkan keuntungan akan semakin besar. Alhasil, banyak investor yang berkeinginan untuk memasang modal atau menggunakan franchise tersebut.

Melalui penjelasan di atas, brand jadi sebuah yang penting karena dapat memberikan dampak pada jumlah penjualan dan omzet. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin membuka bisnis, jangan sampai untuk melakukan brand building ini, ya.

Kalau sudah mengetahui apa saja pentingnya brand building bagi perusahaan tapi agaknya kesulitan untuk melaksanakannya, Anda bisa beralih pada franchise Apotek K-24. Melalui bisnis franchise ini, segala operasional dan urusan membangun brand ini akan dibantu oleh franchisor. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengalami kegagalan dalam berbisnis.

Ingin mencobanya? Langsung hubungi hotline franchise Apotek K-24 saja di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat