4 Bisnis Menjelang Pensiun yang Patut untuk Dilakukan

4 Bisnis Menjelang Pensiun yang Patut untuk Dilakukan

4 Bisnis Menjelang Pensiun yang Patut untuk Dilakukan

  • Agust 14, 2024

Menjelang masa pensiun sebenarnya jadi masa-masa yang penuh dengan persiapan, baik secara fisik maupun mental. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan tentu saja bagaimana untuk mendapatkan penghasilan setelah tidak memiliki pekerjaan. Hal ini sebenarnya bisa ditangani dengan membuka bisnis. Namun, apa saja bisnis menjelang pensiun yang cocok untuk dijalankan?

Memulai bisnis bukan hanya untuk anak muda saja. Pada kenyataannya, banyak bisnis yang cocok untuk dikelola oleh orang-orang yang sudah akan pensiun. Seperti yang Anda tahu, masa pensiun bisa jadi kesempatan emas dalam memulai sebuah bisnis. Selain bisa menjadi sumber penghasilan, mengurus bisnis juga bisa digunakan untuk mengisi waktu luang saat sudah pensiun nanti.

Bisnis Menjelang Pensiun yang Cocok untuk Dicoba

Menikmati masa pensiun tidak selalu harus diisi dengan aktivitas santai-santai atau berlibur saja. Tidak ada salahnya, lho, kalau masa pensiun nantinya diisi dengan kegiatan yang produktif, seperti mengelola bisnis untuk sumber penghasilan baru.

Namun, untuk membuka bisnis tentu saja harus dipersiapkan dengan baik-baik, ya. Hal ini dapat dimulai dengan memilih jenis bisnis apa yang cocok dengan profil Anda sebagai seorang pensiunan. Berikut beberapa pilihan yang dapat Anda coba ketika memulai bisnis:

Toko Sembako

Membuka warung sembako bisa menjadi salah satu contoh dari bisnis menjelang pensiun yang menarik. Bisnis yang satu ini terbukti bisa bertahan lama karena menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia setiap hari.

Seperti yang Anda tahu, warung sembako biasanya menyediakan kebutuhan pokok, seperti beras, gula, minyak, mie instan, dan lain sebagainya. Meskipun modal bisnis sembako tergolong kecil tapi Anda tetap harus menyiapkannya dengan matang, ya. Sebab, dengan persiapan yang matang, toko bisa dijamin laris dan bertahan lama.

Bisnis Kos-kosan

Ketika Anda memiliki bangunan yang tak terpakai, sebaiknya manfaatkan bangunan tersebut untuk usaha kos-kosan atau kontrakan. Tak dipungkiri kini banyak orang yang mencari tempat tinggal sementara, apalagi bagi orang-orang perantau.

Selain itu, bisnis kos-kosan cocok untuk bisnis menjelang pensiun karena bersifat passive income. Artinya, Anda tidak perlu banyak bergerak untuk bekerja tapi tetap bisa menikmati hasilnya setiap bulannya. Namun, dalam memulai bisnis ini tentu saja membutuhkan modal yang tak sedikit.

Bisnis Rental Kendaraan

Memiliki kendaraan pribadi yang tak terpakai juga dapat menjadi sumber penghasilan, lho. Sama seperti bisnis kos-kosan sebelumnya, Anda bisa menyewakan kendaraan pribadi Anda kepada orang lain, baik motor ataupun mobil.

Dewasa ini, kebutuhan penggunaan kendaraan sedang naik-naiknya, mengingat masyarakat Indonesia memang lebih suka menggunakan kendaraan pribadi daripada transportasi umum. Selain itu, permintaan kendaraan akan meningkat ketika musim liburan, ketika orang-orang memilih untuk liburan ke luar kota.

Bisnis Franchise

Berbisnis dengan franchise juga sangat menarik dan cocok untuk bisnis menjelang pensiun. Selain sudah memiliki merek yang besar, bisnis franchise juga memudahkan pengguna untuk memulai dan mengelola bisnis.

Ini karena Anda akan dibantu langsung oleh pihak franchisor. Contohnya saja franchise Apotek K-24 yang memberikan banyak dukungan, mulai dari IT, perizinan, pembukaan gerai, stok awal, operasional, strategi marketing, dan lain sebagainya. Jadi, bagi Anda yang tidak memiliki pengalaman berbisnis, tidak perlu takut lagi karena akan dibantu dan belajar bisnis dengan bersamaan.

Penasaran dengan salah satu bisnis menjelang pensiun ini? Yuk, langsung hubungi saja hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat