Pilih Franchise atau Usaha Sendiri? Mana yang Menguntungkan?

Pilih Franchise atau Usaha Sendiri? Mana yang Menguntungkan?

Pilih Franchise atau Usaha Sendiri? Mana yang Menguntungkan?

  • Sept 03, 2024

Membangun bisnis bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik dengan usaha sendiri, bekerja sama dengan orang lain, atau menggunakan brand terkenal melalui franchise. Masing-masing cara ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Jika demikian, dalam berbisnis ini sebaiknya pilih franchise atau usaha sendiri agar mendapatkan keuntungan?

Setiap orang pastinya memiliki strategi dalam berbisnis yang berbeda-beda. Sebab, hal ini tergantung kemauan dan bagaimana Anda dalam berurusan dengan bisnis. Meskipun demikian, antara bisnis sendiri dengan franchise ini tetap memiliki tujuan yang sama, yaitu mencari keuntungan. Namun, agar tidak salah dalam menentukan bisnis, pahami keduanya lebih dalam dulu, ya.

Pilih Franchise atau Usaha Sendiri?

Pada dasarnya, bisnis adalah seni berpikir, entah berpikir dalam menciptakan produk secara inovatif, berpikir dalam mendapatkan atensi, atau berpikir dalam mempertahankan eksistensi bisnis. Oleh karena itu, banyak sekali cara-cara yang dapat dilakukan saat berbisnis.

Sebab, banyak juga yang perlu diurus ketika memiliki dan mengelola sebuah bisnis. Ketika Anda ingin memulai usaha sendiri, maka membangun bisnis harus dari nol dan memiliki risiko tinggi. Namun, Anda bisa bebas dalam berinovasi dan bereksperimen.

Sedangkan franchise merupakan kerja sama bisnis di mana Anda tidak perlu memikirkan strategi bisnis dan memiliki risiko yang kecil. Nah, untuk mepertimbangkan pilih franchise atau usaha sendiri, lihat penjelasan berikut:

Usaha Sendiri

Membuka usaha terbilang lebih sulit karena Anda perlu membangun bisnis dari nol. Artinya, Anda harus memikirkan rencana bisnis, perizinan, strategi marketing, dan lain sebagainya dari awal. Selain itu, strategi bisnis pun masih bergantung pada trial dan error sehingga belum bisa optimal.

Namun, sebaliknya, Anda memiliki hak kepemilikan penuh. Jadi, Anda bebas dalam berinovasi dan melakukan apa saja dalam bisnis yang dijalankan. Tak heran kalau membuka bisnis sendiri ini memerlukan usaha keras karena Anda perlu membangun reputasi. Seperti yang Anda tahu, reputasi dan image perlu waktu yang cukup lama untuk bisa dikenal oleh masyarakat.

Bisnis dengan Franchise

Sebelum pilih franchise atau usaha sendiri tentu kenali terlebih dahulu apa itu franchise. Bisnis franchise adalah sistem di mana memungkinkan Anda untuk berbisnis menggunakan brand yang sudah terkenal. Sayangnya, ini hanya tergantung pada brand yang membuka franchise saja.

Meski nantinya Anda tidak terlalu bebas dalam membangun konsep bisnis tapi franchise memberikan banyak keuntungan. Beberapa kelebihan franchise ini adalah strategi bisnis sudah teruji sehingga risiko gagal kecil, sudah memiliki konsumen, sudah mempunyai reputasi yang baik, dan lain sebagainya.

Ada pepatah yang mengatakan kalau berbisnis dengan franchise ini seperti memancing dalam kolam ikan. Sebab, Anda sudah pasti mendapatkan konsumen karena sudah ada target pasar dan brand awareness berjalan lama. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot dalam membangun reputasi perusahaan.

Selain itu, franchise juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan dukungan penuh. Contohnya saja ketika menggunakan franchise Apotek K-24, di mana ada berbagai dukungan yang diberikan, seperti IT, perizinan, rekrutmen pegawai, strategi marketing, operasional, dan lain sebagainya.

Melihat penjelasan di atas, pilih franchise atau usaha sendiri ini bergantung pada keinginan diri sendiri, antara ingin kebebasan atau kemudahan. Apabila ingin menggunakan franchise, maka salah satu pilihannya adalah franchise Apotek K-24 yang dapat Anda hubungi melalui hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Demikian ulasan tentang pilih franchise atau usaha sendiri, semoga bermanfaat!

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat