Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Puas agar Bisnis Berkembang?

Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Puas agar Bisnis Berkembang?

Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Puas agar Bisnis Berkembang?

  • Sept 04, 2024

Pelanggan merupakan pihak yang paling penting dalam keberlangsungan suatu bisnis. Sebab, ketika tidak ada pelanggan, maka bisnis yang Anda kelola sama saja artinya dengan mati. Selama masih ada pelanggan tentu bisnis akan tetap berjalan karena masih ada penghasilan yang masuk. Jika demikian, bagaimana cara membuat pelanggan puas agar bisnis bisa berkembang?

Keberadaan pelanggan sangatlah penting sehingga tak heran kalau ada Hari Pelanggan Nasional 2024. Momen ini tentu digunakan oleh banyak perusahaan untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan. Selain itu, pelanggan patut untuk diapresiasi karena tidak ada yang mengalahkan rasa kepuasan dari pelanggan itu sendiri.

Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Puas?

Semakin puas pelanggan dengan bisnis Anda, maka semakin besar pula peluang bisnis untuk berkembang. Tidak hanya menambah jumlah penjualan, pelanggan yang puas biasanya akan merekomendasikan pada orang lain sehingga citra brand akan menjadi baik di mata masyarakat.

Sebaliknya, ketika pelanggan tidak puas, maka ini nantinya akan memberikan dampak negatif pada reputasi bisnis dan mengurangi tingkat keberhasilan. Oleh karena itu, jangan sepelekan keberadaan pelanggan ini, ya, dengan melakukan beberapa cara ini:

Memahami Kebutuhan Pelanggan

Setiap pelanggan pasti memiliki kebutuhan dan harapannya masing-masing. Nah, untuk mendapatkan kepuasan para pelanggan, tentu Anda sebagai pemilik bisnis perlu memenuhi kebutuhan dan harapan tersebut.

Oleh karena itu, cara membuat pelanggan puas yang pertama adalah menggali apa yang menjadi kebutuhan dan harapan mereka. Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara, contohnya saja dengan survei, wawancara, membuka kolom umpan balik, dan membuat media sosial.

Sesuaikan dengan Tren dan Perubahan Pasar

Pasar selalu dinamis sehingga kapan saja bisa terjadi perubahan, tergantung dengan tren masyarakat yang berkembang. Oleh karenanya, Anda perlu mengikuti tren yang berkembang. Melalui tren dan perubahan pasar, Anda dapat membuat konten dan strategi yang konkret sehingga pelanggan tertarik dan mau untuk memberikan umpan balik yang baik.

Meningkatkan Pelayanan dan Produk

Cara membuat pelanggan puas yang selanjutnya tentu saja dengan meningkatkan pelayanan dan juga produk. Pelayanan yang baik adalah kunci dari kepuasan pelanggan. Sebab, dari pelayanan ini nanti pelanggan akan mendapatkan pengalaman, seperti nyaman, bahagia, marah, atau lain sebagainya.

Oleh karena itu, pastikan pelayanan yang ada selalu sesuai standar atau justru di atasnya. Begitu pula dengan produk, ketika produk yang didapatkan sesuai dengan ekspektasi dan sepadan dengan harga, maka pelanggan pasti mau untuk kembali lagi. Alhasil, terjadi repeat order yang lama-kelamaan bisa menjadi sebuah kebiasaan.

Pahami Keadaan Kalau Ada Keluhan dan Berikan Solusi

Ada keluhan dari pelanggan pada bisnis Anda tentu jadi hal yang biasa. Justru melalui keluhan tersebut, Anda bisa membenahi dan meningkatkan apa yang masih kurang. Oleh karena itu, cara membuat pelanggan puas adalah dengan mendengarkan keluhan pelanggan lalu kalau bisa memberikan solusinya.

Anda perlu berpikiran kalau keluhan dari pelanggan tidak selamanya negatif. Sebab, ketika berhasil mengubah hal yang negatif dengan mendengarkan dan memberikan solusi, maka pelanggan bisa merasa dihargai. Hal ini lama-kelamaan dapat menciptakan loyalitas, lho. Jadi setiap ada keluhan yang masuk, sebisa mungkin Anda mau untuk mendengarkan dan berusaha mencari solusinya, ya.

Itu dia bagaimana cara membuat pelanggan puas yang perlu Anda lakukan untuk memperingati Hari Pelanggan Nasional yang penting untuk keberlangsungan bisnis. Cara-cara di atas sebenarnya akan terbilang lebih mudah kalau Anda mau menggunakan franchise Apotek K-24, lho.

Bersama franchise Apotek K-24, pengelolaan bisnis akan berjalan lebih mudah. Ingin mencobanya? Langsung hubungi saja hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat