3 Modal Berbisnis yang Perlu Dimiliki kalau Ingin Sukses

3 Modal Berbisnis yang Perlu Dimiliki kalau Ingin Sukses

3 Modal Berbisnis yang Perlu Dimiliki kalau Ingin Sukses

  • Sept 10, 2024

Berbicara tentang modal untuk membuka bisnis, pasti yang terpikirkan adalah modal uang, tanah, dan lain sebagainya. Padahal, modal berbisnis yang sebenarnya tidak hanya mencakup hal-hal yang materialistik saja, lho. Sayangnya, masih banyak orang yang hanya memikirkan modal tersebut. Modal ini memang penting tapi masih ada modal lainnya yang terbilang penting. Apa saja kira-kira?

Salah satu hal utama yang dibutuhkan untuk memulai sebuah bisnis adalah modal. Menurut tokoh Pierre Bourdieu, modal sebenarnya dibagi jadi 4 buah, yaitu modal ekonomi, modal sosial, modal budaya, dan simbolik. Lalu apakah modal-modal tersebutlah yang dibutuhkan? Jawabannya bisa jadi, karena 4 modal tersebut memang penting untuk keberhasilan sebuah usaha.

Modal Berbisnis Apotek yang Tidak Boleh Dilupakan

Namun, kalau Anda ingin menjadi seorang pebisnis yang sukses, sebelum berusaha untuk memenuhi modal-modal di atas, ada hal yang perlu Anda miliki. Hal yang dimaksud ini tentu terbilang sangat penting karena berhubungan erat dengan pribadi Anda sebagai pebisnis. Berikut beberapa modal 3M yang penting untuk dimiliki ketika ingin menjadi pebisnis yang sukses:

Mindset

Pola pikir atau mindset yang kuat sangat penting jika Anda benar-benar ingin memasuki dunia bisnis. Sebab, dengan mindset yang optimis nantinya dapat mengantarkan Anda menjadi pebisnis yang sukses. Tidak hanya itu saja, ada beberapa mindset pebisnis yang bisa jadi modal berbisnis, yaitu:

  • Berani untuk mengambil risiko dan tidak takut gagal

  • Peka terhadap peluang bisnis yang ada.

  • Kreatif dan inovatif sehingga dapat menciptakan produk/layanan yang menarik.

  • Mampu untuk berkomunikasi, baik dengan tim atau jaringan sosial di luar.

  • Fokus dan disiplin terhadap apa yang sedang dilakukan.

Mental

Bukan jadi rahasia lagi kalau dunia bisnis terbilang kejam, apalagi kalau Anda masuk dalam persaingan yang ketat. Tanpa memiliki mental yang kuat, maka Anda bisa saja patah semangat dan putus asa. Nah, kalau Anda memiliki mental yang kuat, maka Anda mampu untuk bertahan di kondisi apapun. Oleh karena itu, modal berbisnis yang selanjutnya adalah mental kuat, contohnya:

  • Tegar dan ulet ketika menghadapi halangan.

  • Pekerja keras.

  • Gigih, sabar, dan rendah hati.

  • Memiliki ambisi yang besar.

Modal Material

Kalau sudah memiliki mindset dan mental yang kuat sebagai pebisnis, maka selanjutnya Anda tinggal mencari modal yang bersifat material yang dibutuhkan untuk bisnis. Aset, uang, tanah, dan lain sebagainya juga terbilang penting untuk memulai bisnis.

Sebab, tanpa adanya modal yang cukup, Anda tidak akan bisa membuka sebuah bisnis, apalagi bisnis yang bersifat offline. Untuk mendapatkan modal ini bisa bermacam-macam caranya, mulai dari tabungan sendiri, pinjam pada teman, atau mengambil pinjaman di bank.

Itu dia 3M modal mendasar yang perlu Anda miliki kalau ingin menjadi pebisnis yang sukses. Eits, tapi tentu saja untuk bisnis yang sukses, Anda tidak hanya membutuhkan 3M ini, ya, karena banyak persiapan yang perlu dilakukan.

Nah, kalau Anda ingin bisnis yang gampang tapi bisa sukses, tentu saja kuncinya adalah franchise Apotek K-24. Melalui franchise Apotek K-24, Anda tinggal menyiapkan modal berbisnis lalu sisanya akan disiapkan oleh pihak franchisor. Kalau penasaran, coba hubungi saja hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat