Hindari Beberapa Penyebab Pelanggan Pergi ini kalau Ingin Sukses!

Hindari Beberapa Penyebab Pelanggan Pergi ini kalau Ingin Sukses!

Hindari Beberapa Penyebab Pelanggan Pergi ini kalau Ingin Sukses!

  • Sept 27, 2024

Kehilangan pelanggan walau hanya satu orang saja bisa jadi mimpi buruk bagi para pemilik bisnis. Sayangnya, kalau tidak berhati-hati, Anda bisa saja kehilangan pelanggan tanpa disadari. Oleh karena itu, mengenali berbagai penyebab pelanggan pergi dari suatu bisnis sangatlah penting agar Anda bisa lebih waspada. Lalu kira-kira apa saja yang bisa membuat pelanggan berpindah haluan?

Pada dasarnya, pelanggan merupakan bagian terpenting dari sebuah bisnis. Sebab, dari pelanggan yang ada inilah yang membuat bisnis Anda bisa berjalan sebagaimana mestinya. Tanpa adanya pelanggan, sebuah bisnis tidak akan mendapatkan sumber pemasukan yang stabil meski Anda bisa mendatangkan konsumen berapa banyaknya.

4 Penyebab Pelanggan Pergi

Mengubah konsumen menjadi pelanggan merupakan usaha yang sangat besar dan membutuhkan waktu lama. Oleh karena itu, Anda juga perlu usaha yang keras agar mereka tetap mau bertahan dengan bisnis Anda.

Nah, dalam langkah antisipasi menghadapi pelanggan menghilang, Anda tentu perlu memahami di mana akar permasalahan yang ada. Berikut beberapa alasan utama mengapa pelanggan memilih pergi dan mendatangi bisnis lainnya:

Pelayanan yang Buruk

Customer service atau pelayanan kepada pelanggan merupakan kunci utama dari keberhasilan suatu bisnis, apalagi bisnis ritel, jasa, kuliner, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penyebab pelanggan pergi yang pertama bisa saja karena pelayanan yang diberikan tidak ramah atau buruk.

Pelayanan suatu bisnis adalah jalan utama dalam menjalin hubungan dengan pelanggan. Ketika Anda memberikan pelayanan yang baik, maka pelanggan akan merasa dekat dan dihargai. Sebaliknya, jika Anda memberikan pelayanan yang buruk, maka pelanggan bisa merasa tidak nyaman dan malas untuk datang lagi.

Kurang Responsif dalam Menanggapi Feedback

Dalam menjalankan suatu bisnis, pihak Anda harus lebih responsif dan proaktif. Artinya, Anda perlu memastikan kalau tim Anda mampu untuk merespon pelanggan dengan cepat, mulai dari komentar, kritikan, saran, dan lain-lain.

Kini platform untuk memberikan kritik, saran, dan masukan sudah banyak, seperti media sosial, google bisnis, website, email, dan lain sebagainya. Nah, manfaatkan alat yang ada untuk memberi respon pelanggan, ya. Sebab, ketika Anda membiarkan pelanggan begitu saja, mereka akan merasa diabaikan sehingga dapat membawa nama buruk ke depannya.

Janji Berlebihan dan Tidak Memenuhi Ekspektasi

Penyebab pelanggan pergi yang selanjutnya bisa karena produk/jasa tidak sesuai dengan ekspektasi atau janji promo yang tidak memenuhi janji yang diberikan. Dalam melakukan promosi memberikan janji dan promo menarik memang sebuah keharusan.

Namun, Anda tidak disarankan untuk memberikan janji yang berlebihan hingga sampai berbohong agar produk/jasa terjual. Sebab, ketika janji yang diberikan tidak ditepati, maka pelanggan bisa saja merasa kecewa sehingga tidak ingin berurusan dengan bisnis Anda lagi.

Values Bisnis Tidak Nyata

Salah satu penyebab pelanggan pergi yang selanjutnya adalah values bisnis Anda tidak nyata sehingga pelanggan kurang bersedia untuk membayar lagi. Untuk mendapatkan dan menunjukkan values bisnis, Anda perlu membentuk brand yang berani dan menawarkan kualitas produk/jasa yang berbeda.

Saat values yang Anda berikan bisa sesuai dengan harga yang ditawarkan, maka pelanggan tidak akan takut untuk mengeluarkan uangnya. Sebaliknya, ketika harga yang dipasang tidak sama dengan nilai yang ditawarkan, maka pelanggan akan memilih brand lainnya.

Cukup banyak juga berbagai masalah yang bisa menjadi penyebab pelanggan pergi yang perlu Anda waspadai. Mempertahankan pelanggan memang bukan perkara mudah tapi tetap harus Anda jalani kalau tidak ingin bisnis berakhir gulung tikar.

Nah, kalau Anda ingin mengurangi risiko kehilangan pelanggan, maka bisa banget lho beralih untuk berbisnis bersama franchise Apotek K-24. Dengan Apotek K-24, Anda bisa berbisnis menggunakan merek yang sudah terkenal dan dipercaya banyak orang.

Artinya, Anda akan sudah memiliki pelanggan ketika akan memulai sebuah bisnis. Menarik bukan? Ingin informasinya lebih lanjut, langsung hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. Demikian ulasan tentang penyebab pelanggan pergi, semoga bermanfaat!

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat